Senin, 06 Juli 2020 |
Tekno

5 Penyebab Ponsel Lambat ketika Mengisi Daya Baterai

Senin, 29 Jun 2020 | 19:35 WIB Dibaca: 177 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Ponsel dibekali dengan baterai untuk dapat digunakan dalam durasi yang terbatas. Ketika baterai sudah lemah, maka pengguna bisa melakukan pengisian daya baterai.

Saat Anda terburu-buru ingin segera menggunakan ponsel, berharap baterai ponsel telah terisi penuh, namun ternyata baterai lambat dalam pengisian daya. Anda perlu mengetahui hal apa saja yang membuat ponsel lambat saat di-charge, dikutip iNews.


1. Aksesori Buruk

Alasan pertama mengapa ponsel Anda mengisi daya lebih lambat dibanding sebelumnya tidak ada hubungannya dengan perangkat itu sendiri. Sebaliknya, Anda dapat memiliki kabel atau adaptor yang baruk atau sumber daya yang lemah.

Kabel USB dapat melalui banyak hal. Kabel sering jatuh, bengkok, disimpan di lokasi di mana suhu bisa sangat bervarias, dan bahkan diinjak. Karena itu, coba ganti kabel dan lihat apakah itu menghilangkan masalah atau tidak.

Selain kabel, Anda juga harus memastikan adaptor tidak memiliki masalah. Ganti adaptor lain atau yang lebih baru untuk mengetahui masalah bukan berada padanya.

2. Masalah Port

Kabel Anda bukan satu-satunya elemen yang dapat mengalami masalah dari pengisian harian. Port pengisian daya ponsel juga dapat mengalami kerusakan.

Lihatlah port apakah ada korosi atau halangan. Meskipun ini bukan alasan mengapa diperlukan waktu lebih lama untuk mengisi daya perangkat, setidaknya tidak mengesampingkannya.

Untuk melihat ada halangan atau tidak, gunakan senter dan pembesar untuk melihatnya. Cobalah untuk menghilangkan benda apa pun (serat, debu, dan lain-lain). Berhati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen port. Coba gunakan tusuk gigi plastik untuk menghilangkan penghalang. Disarankan untuk menggunakan sikat gigi kecil dan lembut di dalam port.

3. Background Apps

Ponsel yang membutuhkan waktu lama untuk pengisian daya juga dapat mengalami kesulitan menjaga charge saat digunakan. Aplikasi jahat atau background pada umumnya bisa menjadi alasan untuk itu.

Android dan iOS mempunyai tool untuk menemukan aplikasi apa yang berjalan di background. Untuk perangkat berbasis Android, menu battery usage yang terletak di Settings > Battery. Sedangkan di iPhone, select Battery di aplikasi Settings untuk melihat aplikasi yang menguras banyak baterai.

4. Usia Baterai

Jika Anda sudah kehabisan kiat lain dan baterai sepertinya butuh waktu lama untuk diisi ulang, sebaiknya berpikir untuk menggantinya.


Pada akhir 2017, Apple dikritik karena cara perusahaan menangani baterai iPhone yang menua. Oleh karena itu, bisa saja ini menjadi alasan smartphone lambat dalam mengisi daya.

Rahasia kecil industri adalah baterai lithium-ion tidak bertahan selamanya dan hanya dapat diisi ulang beberapa kali. Karenanya, bisa jadi baterai itu sendiri yang menyebabkan pengisian lambat. Bawa ponsel ke dealer resmi untuk informasi lebih lanjut mengenai penggantian baterai di smartphone.

5. Kebiasaan Pengguna

Apakah Anda tipe orang yang harus menggunakan smartphone saat sedang diisi? Mungkin ini adalah alasannya perangkat membutuhkan waktu lama untuk diisi dayanya. Alih-alih melakukannya, istirahatlah. Buat aturan Anda tidak akan menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya ponsel. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

5 Penyebab Ponsel Lambat ketika Mengisi Daya Baterai
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top