Selasa, 19 Desember 2017 |
News Gallery - Tekno

5 Penyebab Utama Cat Motor Kusam

Jumat, 13 Okt 2017 | 13:06 WIB Dibaca: 238 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Setiap pemilik sepeda motor menginginkan tunggangannya terlihat bersih dan kinclong. Motor kusam dan warna cat mulai memudar. tentu tak sedap dipandang mata. Sebab, motor yang bersih dan terawat juga bisa membuat pemiliknya percaya diri saat mengendarainya.

Seperti yang dilansir situs resmi Honda, Kamis 12 Oktober 2017, ada beberapa hal yang bisa membuat warna cat sepeda motor memudar, dan tidak diketahui para pemiliknya.

  • Pertama adalah sinar matahari. Motor cepat kusam dan memudar, jika pemilik sering memarkirkan kendaraannya di tempat terbuka, karena sinar ultraviolet mampu mendekonstruksi lapisan cat.
  • Kedua adalah debu yang menempel. Debu yang dibiarkan menumpuk di bodi motor akan membuat daya kilap plastik semakin berkurang. Pemilik disarankan untuk rajin mencuci tunggangannya, jangan sampai debu sampai menebal di motor.
  • Ketiga adalah terkena air hujan. Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi, zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis.
  • Keempat yakni cipratan dan tumpahan minyak rem. Pemilik harus hati-hati saat mengerjakan perawatan mengganti minyak rem sendiri di rumah. Bisa dibilang minyak rem adalah salah satu musuh cat motor. Cipratan minyak rem dapat meresap ke dalam lapisan cat, maka itu jika terkena cipratan minyak lakukan pengelapan dengan lap mikrofiber.
  • Kelima, proses pencucian yang kurang baik juga bisa membuat kusam warna cat motor. Menggunakan sabun colek, atau deterjen bisa mengikis cat motor karena memiliki kandungan zat kimia keras.

Bercak setelah dicuci yang tertinggal pada bodi motor juga dapat membuat munculnya noda air, atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Solusinya lakukan pengeringan dengan sempurna menggunakan kanebo, atau kain halus agar tidak menggores cat motor. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Cara Mudah Singkirkan Komedo Dari Wajah
Selasa, 19 Des 2017 | 01:02 WIB
Cara Mudah Singkirkan Komedo Dari Wajah
Pahami, Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara
Selasa, 19 Des 2017 | 00:03 WIB
Pahami, Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara
Petr Cech Trauma Jelang Duel Arsenal Vs Liverpool
Senin, 18 Des 2017 | 23:02 WIB
Petr Cech Trauma Jelang Duel Arsenal Vs Liverpool

KOMENTAR

5 Penyebab Utama Cat Motor Kusam

BERITA TERKAIT

Top