Senin, 03 Agustus 2020 |
News Room - Politik

Ada Apa di 'Griye Demokrasi' KPU Kabupaten Serang?

Senin, 03 Apr 2017 | 17:17 WIB Dibaca: 1024 Pengunjung

Pengunjung sedang memperhatikan maket 'Griye Demokrasi' di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (3/4/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Guna meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan pendidikan politik pada masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang me-launching 'Griye Demokrasi' di Kantor KPU Kabupaten Serang, Senin (3/4/2017).

Komisioner KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, tujuan didirikannya 'Griye Serang' tersebut adalah bagian dari pendidikan politik kepada masyarakat Kabupaten Serang, agar bisa mengakses seluruh informasi Pemilu ditempat tersebut.

"Isinya semua yang berkaitan dengan Pemilu atau sejarah Pemilu, kita juga sediakan buku-buju terkait dengan Pemilu dan demokrasi yang ada di Indonesia," kata Abidin kepada wartawan.

Ia mengatakan, untuk memberikan pemahaman tentang Pemilu, pihaknya berjanji setelah RUU Pilkada disahkan oleh DPR RI, ia akan mensosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Serang.

"Seluruh segmen masyarakat Kabupaten Serang, baik pemilih pemula atau umum, apalagi sekarang mau menghadapi Pileg dan Pilpres jadi harus siap-siap juga," terangnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi KPU Provinsi Banten, Enan Nadia mengatakan, 'Griye Demokrasi' merupakan bagian dari Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang telah diminta oleh KPU RI untuk setiap provinsi atau kabupaten/ kota mempunyai RPP agar masyarakat bisa mengakses dan diberikan pendidikan politik dirumah tersebut.

"Disetiap provinsi mulai 2016 dan sampai 2017 sudah selesai, sementara KPU Kabupaten/kota targetnya bulan Maret, tapi karena di Banten ini ada beberapa hambatan jadi di bulan maret tidak maksimal, kemarin baru launching di Pandeglang dan Kabupaten Serang baru hari ini bisa launching," kata Enan.

Ia menegaskan, out putnya tersebar dari RPP adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih di masyarakat, dengan demikian, setelah RPP tersebut di-launching, pihaknya juga akan me-launching seluruh RPP di kabupaten/kota se-Banten.

"Selanjutnya kita akan ke Cilegon, baru kita ke Kabupaten Tangerang, kemudian Kota Tangerang, kalau Kota Serang sedang di otak-atik, supaya bisa menarik lagi," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Ada Apa di 'Griye Demokrasi' KPU Kabupaten Serang?

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top