Selasa, 11 Agustus 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Awas! Polusi Udara Sekitar Menyebabkan Kamu Susah Tidur

Jumat, 26 Mei 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 897 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Polusi udara atau udara yang tercemar, kini menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan tertinggi di dunia. Seperti yang Anda ketahui, Indonesia masuk dalam lima besar negara penyumbang polusi udara terbesar di dunia. Mengejutkan bukan?

Saat ini, para eneliti menghubungkan antara polusi udara yang menjadi penyebab Anda susah tidur atau kurang tidur. Ini penting karena, kurang tidur atau bahkan sulit tidur dapat menyebabkan Anda lebih mudah emosi, depresi, masalah jantung, obesitas dan sedikit depresi.

Bagi masyarakat Indonesia, bekerja dan beraktifitas di lingkungan dengan udara tercemar seperti di kota besar mungkin sudah biasa. Tapi sadarkah Anda, itu menjadi penyebab Anda susah tidur di malam hari? Lalu bagaimana cara mencegahnya? Simak artikel berikut ini.

Hati-Hati, Polusi Udara Sekitar Menyebabkan Anda Susah Tidur Temuan ini menunjukkan bahwa polusi udara, tinggi akan nitrogen dioksida (NO2) yang menyebabkan efisiensi tidur menjadi rendah, membuat seseorang terjaga dalam waktu yang lama di tempat tidur. "Studi ini menunjukkan kemungkinan bahwa kadar polusi udara di suatu tempat, tidak hanya mempengaruhi penyakit jantung dan paru-paru, tetapi juga kualitas tidur," kata pemimpin penulis Martha E. Billings, MD, MSc, asisten profesor kedokteran di University of Washington.

Efeknya mungkin akan langsung menyebabkan iritasi saluran napas bagian atas, pembengkakan hingga penyumbatan, dan juga dapat mempengaruhi area sistem dan otak saraf pusat yang mengontrol pola pernapasan saat sedang tidur.

Dalam studi tersebut didapatkan hasil bahwa, hampir 88 persen peserta memiliki efisiensi tidur yang lebih rendah dan 11 persen diantaranya terbangun selama 60 menit di tempat tidur, sebelum akhirnya dapat tertidur.

Melihat akibat buruk dari kurang tidur, seperti Anda lebih mudah emosi, depresi, masalah jantung, obesitas dan sedikit depresi, maka solusi bagi polusi udara sangat dibutuhkan.  Meningkatkan kualitas udara menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tidur dan juga mengurangi resiko penyakit menyerang kesehatan Anda. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Awas! Polusi Udara Sekitar Menyebabkan Kamu Susah Tidur
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top