Jumat, 25 September 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Bahaya Gejala Kanker Dari Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Kamis, 12 Apr 2018 | 00:05 WIB Dibaca: 736 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Batuk memang sering dianggap sebagai gangguan kesehatan ringan. Batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Di beberapa kondisi, batuk menjadi mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan.

Umumnya batuk akan reda setelah mengonsumsi obat batuk. Namun, waspadalah jika batuk yang Anda derita tak kunjung sembuh. Beberapa pakar medis menyebut bisa jadi batuk berkepanjangan adalah gejala penyakit serius.

Spesialis penyakit paru dr.Hamdi Syarifudin, SpP, FCCP, MH menyebut bahwa batuk berkepanjangan merupakan gejala dari penyakit serius.

"Bisa TBC, bisa juga yang lain seperti bronkitis, pneumonia, atau juga karena infeksi virus bakteri. Karenanya harus diperiksa secara medis baru kita tahu," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa untuk membedakan gejala TBC dan batuk berkepanjangan biasa, bisa diperhatikan dari jenis dahak yang dikeluarkan.

"Membedakannya, kalau TBC kan infeksi. Gejalanya ada infeksinya misalnya dahak kuning atau hijau, demam, dan ketika melalui proses rontgen dan lab, positif infeksi," ujarnya.

Sedangkan pada beberapa jenis penyakit serius lain, batuk berkepanjangan bisa mengindikasikan beberapa penyakit seperti asma, alergi, penyakit saluran pernapasan bahkan kanker.

"Pencetusnya juga kanker, biasanya kanker tenggorokan, atau paru. Itu sangat mungkin apalagi dengan paparan polusi dan rokok, itu bahkan menjadi pemicu tinggi."

Umumnya, batuk berkepanjangan akan reda jika pencetusnya sudah diatasi.

"Biasanya kalau infeksi itu akibat bakteri, ya diberikan antibiotik bila perlu. Kalau karena peradangan mekanik atau ada pemicunya seperti debu dan asap, ya harus dihindari dulu paparannya.” [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Bahaya Gejala Kanker Dari Batuk yang Tak Kunjung Sembuh
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top