Sabtu, 23 Januari 2021 |
News Room - Peristiwa

Bus yang Menewaskan 3 Orang di Jalan Tol Jakarta-Merak Dinyatakan Laik Jalan

Sabtu, 18 Mar 2017 | 18:59 WIB Dibaca: 1758 Pengunjung

Bus Murni yang mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Tol, saat di chek oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Serang dan Unit Laka Lantas Polda Banten. Sabtu (18/3/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Kondisi kendaraan bus yang mengalami kecelakaan tunggal di jalan tol Jakarta-Merak Kilometer 63.400, berdasarkan olah TKP dan pengecekan kendaraan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang dan Unit Laka Lantas Polda Banten menyatakan bus laik jalan. 

"Ada bekas telapak ban, artinya pengereman itu berfungsi," kata penguji kendaraan bermotor Dishub Kabupaten Serang, Sutrisno, usai melakukan pemeriksaan di Kota Serang, Sabtu (18/3/2017). 

Di lokasi ada bekas pengereman sejauh 21 meter. Petugas mengecek ban dan bagian lain, tidak ada yang aus. "Ban dan setir berfungsi normal," jelas Sutrisno.

Setelah memeriksa kondisi ban, sistem kemudi, dan komponen lainnya, petugas menyatakan bus laik jalan alias berada dalam kondisi normal.

Sementara Kanit Laka Lantas Polda Banten Ipda Pujiyanto menambahkan, berdasarkan olah TKP, posisi persneling bus berada di gigi lima saat kejadian berlangsung. Dan kasus kecelakaan tersebut tidak akan diproses melalui jalur hukum, karena sopir meninggal.

"Sesuai pasal 77 KUHP dan 109 ayat 2 KUHAP, tersangka batal demi hukum karena meninggal dunia," jelas Pujiyanto.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Saksi menyebutkan bus melaju di bahu jalan dan menyalip sejumlah kendaraan. Selanjutnya hilang kendali dan terperosok ke parit. Tiga orang termasuk sopir tewas dan 27 penumpang terluka. [dtc]

Penulis: Dtc
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Bus yang Menewaskan 3 Orang di Jalan Tol Jakarta-Merak Dinyatakan Laik Jalan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top