Rabu, 11 Desember 2019 |
News Room - Hukum

Calon Advokat di Kota Serang Diberi Pendidikan Khusus

Senin, 25 Des 2017 | 09:51 WIB Dibaca: 571 Pengunjung

Ketua Umum DPN Peradi, Fauzie Yusuf Hasibuan saat menjadi narasumber pada PKPA di Kota Serang, Minggu (24/12/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di salah satu rumah makan di Kota Serang, Minggu 24 Desember 2017.

Ketua DPC Peradi Serang, Mufti Rahman mengatakan, PKPA merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh advokat yang ada di Serang, sebab menurutnya, PKPA adalah salah syarat dan cikal bakal untuk menjadi advokat yang profesional.

"Pesertanya ada 44 orang, jadi kalau alumninya pariatif tidak hanya dari Untirta, ada yang S1, S2 bahkan praktisi juga ada," kata Mufti kepada awak media.

Ia menuturkan, selain PKPA, syarat lain untuk mendapatkan sertifikasi advokat adalah dengan mengikuti ujian advokat dan magang selama dua tahun.

"Setelah magang selama dua tahun, kemudian diangkat dan disumpah menjadi advokat oleh organisasi advokat dan disumpah oleh pengadilan tinggi," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPN Peradi, Fauzie Yusuf Hasibuan, mengatakan, Pendidikan Khusus Profresi Advokat (PKPA)  merupakan sebuah delegasi pemerintah kepada Peradi untuk memberikan pelatihan sebagai salah satu syarat menjadi advokat.

"Hal itu dipertegas dengan undang-undang nomor 18 tahun 2003 tentang advokat yang menyatakan kewenangan pendidikan advokat kepada Peradi," kata Fauzie.

Ia mengatakan, Peradi sebagai organisasi advokat satu-satunya yang bebas dan mandiri yang dibentuk sesuai dengan ketentuan UU, dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan kualitas profesi Advokat di Indonesia.

"PKPA merupakan suatu proses dalam menciptakan advokat yang mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kode etik keadvokatan," tegasnya

Ia menegaskan, selain menyelenggarakan PKPA, pihaknya juga ingin berbakti dan menjadikan masyarakat melek hukum dengan memberikan pelayanan hukum bagi rakyat miskin.

“Kami ingin menjalankan tugas fungsional dengan memberikan bantuan hukum kepada rakyat miskin secara cuma-cuma. Hal ini merupakan upaya kami melakukan pendekatan ke rakyat miskin,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Calon Advokat di Kota Serang Diberi Pendidikan Khusus
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top