Selasa, 26 Maret 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Cara Cepat Redakan Cegukan Saat Makan

Minggu, 17 Feb 2019 | 01:02 WIB Dibaca: 141 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Ketika sedang asyik menyantap makanan, ada saja cobaannya. Sebut saja cegukan. Kejadian karena kontraksi diafragma yang disebabkan udara masuk bersamaan dengan makanan ketika sedang menelannya, serasa malu sendiri bila cegukan menyerang. Apalagi ketika sedang santap besar dengan keluarga.

Spesialis kedokteran fungsional Vincent Pedre, mengatakan bahwa, “Cegukan umumnya adalah kejangan antara diafragma dengan pita suara.”

Ya, pita suara Anda akan berkontraksi supaya mencegah udara berlebih masuk ke rongga tenggorokan. Biasanya terjadi ketika Anda sibuk menelan tapi ingin bersuara pula alias ngomong. Makanya, turuti omongan orang tua yang melarang Anda jangan berbicara ketika makan.

Ada beberapa alasan mengapa manusia bisa cegukan. Makan terburu-buru serta berlebihan adalah penyebab umumnya. Perut serta diafragma belum sempat memproses makanan yang masuk, tetapi Anda sudah memaksa hidangan lain ikut juga.

Makanan pedas juga bisa, lho, membuat Anda jadi cegukan. Pada santapan yang punya bumbu pedas, ada kandungan capcaisin yang bisa bikin peradangan pada diafragma dan muncullah cegukan. Apalagi bila Anda gemar mengonsumsi minuman bersoda. Kandungan udara dalam soda bisa membuat kembung dan cegukan.

Perubahan suhu tubuh juga membuat timbulnya cegukan. Pernahkah Anda masuk ke dalam rumah yang ber-AC setelah sebelumnya datang dari luar ruangan yang panas? Nah, belum sempat tubuh menyesuaikan suhu, Anda sudah icip-icip cantik santapan yang disajikan. Mau tak mau tubuh menghadirkan cegukan karena diafragma pada tubuh berkontraksi dari makanan yang masuk. Alhasil, semua mata dan telinga tertuju padamu.

Lantas, bagaimana mengatasi fenomena ini? Umum diketahui oleh masyarakat dengan cara menahan napas. Sambil menahan aliran udara masuk untuk sementara, bantulah diafragma Anda yang sedang kejang sambil memijatnya secara pelan.

Minum air putih juga menolong cegukan ini. Atau coba dengan kumur-kumur. Karena mulut sedang fokus pada kumuran, saluran pernapasan Anda akan mengatur ulang dan menuntaskan kontraksi pada diafragma. Kalau mau cara greget, coba minta teman Anda untuk memgejutkan dari belakang atau apapun. Ketika ketakutan atau kaget, napas Anda akan kembali teratur. Selamat mencoba tips tersebut. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Cara Cepat Redakan Cegukan Saat Makan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top