Sabtu, 15 Mei 2021 |
News Room

Dewan Pers Mulai Verifikasi SMSI Tingkat Provinsi se-Indonesia

Minggu, 26 Agt 2018 | 10:41 WIB Dibaca: 618 Pengunjung

Verifikasi Dewan Pers terhadap SMSI Jawa Timur. [ist]*

SERANG, NEWSmedia] - Dewan Pers (DP) mulai memverifikasi keberadaan para pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di tingkat provinsi se-Indonesia.

Verifikasi pertama, dilakukan oleh Dewan Pers terhadap SMSI Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan ke provinsi-provinsi lain yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.

"Yang disebut organisasi Pers, secara umum terdiri dari dua unsur, yaitu Organisasi Wartawan dan Organisasi Perusahaan Pers. Dewan Pers bersama Masyarakat Pers, sudah menetapkan Standar Organisasi Wartawan pada Selasa 14 Maret 2006.Kemudian Standar Organisasi Perusahaan Pers ditetapkan pada 6 Desember 2007," kata Anggota DP, Imam Wahyudi melalui siaran pers yang diterima NEWSmedia, Sabtu (25/8/2018).

Imam menjelaskan, verifikasi faktual tersebut merupakan salah satu syarat dari organisasi Pers untuk diproses menjadi konstituen Dewan Pers.

"Syarat organisasi wartawan untuk jadi konstituen Dewan Pers minimal punya 500 anggota, dan ada pengurusan disetiap provinsi, Kabupaten dan Kota. Sementara persyaratan untuk perusahaan pers minimal ada 200 perusahaan pers yang tersebar di minimal 15 Provinsi. Pengurus, sarana dan prasarananya yang ada di Provinsi-provinsi ini wajib di Verifikasi," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris SMSI Jawa Timur, Makin Rahmat mengatakan, pihaknya telah melaporkan ke Dewan Pers dan SMSI pusat terkait keberadaan perusahaan pers yang secara administratif masuk ke dalam SMSI Jawa Timur.

"Ada 21 perusahaan yang secara administrasi ikut diverifikasi. Saat dilakukan verifikasi faktual oleh Dewan Pers, semua syarat telah  terpenuhi," kata Rahmat.

Di tempat yang sama, Ketua SMSI Jawa Timur, Eko Pamuji merasa bangga, sebab menurutnya, SMSI Jawa Timur menjadi tempat yang pertama diverifikasi oleh Dewan Pers.

"Kebanggaan itu dikarenakan kami dapat menunjukkan bahwa SMSI sungguh-sungguh menyiapkan apa yang dipersyaratankan Dewan Pers," pungkasnya. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dewan Pers Mulai Verifikasi SMSI Tingkat Provinsi se-Indonesia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top