Senin, 26 Juli 2021 |
News Room - Pariwisata

Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Sindang Heula Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru di Banten

Kamis, 04 Mar 2021 | 16:48 WIB Dibaca: 5756 Pengunjung

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sindang Heula Pabuaran, Kabupaten Serang, Kamis (4/3/2021).*

SERANG, [NEWSmedia] - Presiden Jokowi meresmikan meresmikan Bendungan Sindang Heula di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Kamis (4/3/2021).

Bendungan Sindang Heula merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Banten yang dibangun pada tahun 2015.

Didampingi beberapa kepala daerah, termasuk Gubernur Banten Wahidin Halim, peresmian Bendungan Sindang Heula disiarkan langsung di Kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Gubernur Banten menyampaikan bahwa Bendungan Sindang Heula akan mengaliri sekitar 1.200 hektar pertanian masyarakat Banten.

Sehingga, ia meyakini bahwa Bendungan Sindang Heula bisa meningkatkan produktivitas pertanian, termasuk ketahanan pangan di Banten.

“Mudah-mudahan bendungan ini juga bisa mengendalikan banjir yang sering terjadi di Kota dan Kabupaten Serang dan Kota Cilegon,” kata Wahidin.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan, Bendungan Sindang Heula bisa menjadi destinasi wisata baru di Provinsi Banten.

“Harus kita jaga konservasi di sekitar bendungan ini, sehingga bisa digunakan untuk masyarakat Banten dan ini juga bisa jadi destinasi wisata baru di Banten dan juga menarik wisatawan dari luar Banten,” kata Jokowi.

Selain potensi pariwisata baru, Bendungan Sindang Heula juga menyediakan air baku yang digunakan oleh para industri di Kota/ Kabupaten Serang dan Kota CIlegon.

"Bendungan ini mampu menyediakan hingga 0,80 meter kibik perdetik air baku," ucapnya.

Selain itu, Bendungan Sindang Heula juga bermanfaat utuk pengendalian banjir yang sering terjadi di Kota/ Kabupaten Serang dengan mengurangi banjir 50 meter kibik per detik dari sungai yang sering meluap, yaitu Sungai Ciujung dan Cidurian.

"Bendungan ini juga berfungsi untuk pembangkit listrik, karena bisa menghasilkan 0,40 watt sehingga kedepan bisa dimanfaatkan oleh Pemprov Banten," tuturnya.

"Kami minta Pemda untuk bisa menjaga dan memanfaatkan bendungan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan pola hidup masyarakat kita," pungkasnya. [ahi]

Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Sindang Heula Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru di Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top