Selasa, 15 Juni 2021 |
News Room - Info Mudik 2017

Dompet Dhuafa Banten Luncurkan Aplikasi Kalkulator Zakat Online

Jumat, 23 Jun 2017 | 16:32 WIB Dibaca: 813 Pengunjung

ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] – Hari raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari dan salah satu amalan penyempurna ibadah puasa kita adalah zakat fitrah. Selain menyempurnakan ibadah, zakat fitrah juga berfungsi untuk menyucikan diri kita dari dosa-dosa.

Umumnya bulan Ramadan sering dijadikan momentum baik untuk bersedekah maupun memberikan zakat. Apalagi di era digital saat ini, berzakat sudah bisa dilakukan melalui gadget.

Membayar zakat bagi setap muslim wajib hukumnya, apalagi bila umat muslim tersebut sudah mampu dan memenuhi kriteria dalam berzakat juga mempunyai kesadaran untuk berzakat. Namun, tidak sedikit dari Muslim yang masih bingung cara menghitung zakatnya.

Ingin memberikan kemudahan berzakat kepada muzaki (orang yang berzakat), Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Banten menyediakan layanan kalkulator zakat yang dapat diakses melalui internet.

Melalui kalkulator zakat online ini, para pembayar zakat dapat mengetahui jumlah yang harus dibayarkan dan mendapat informasi yang jelas mengenai penyaluran dana zakat.

“Dengan mengakses kalkulator zakat di www.donasi.ddbanten.org  para muzaki dapat dengan mudah mengecek berapa jumlah zakat yang harus mereka bayarkan dan juga dapat memantau penyalurannya,” ujar Fundraising & Communications Manager Dompet Dhuafa Banten, Dedi Setiawan Chogah,  Jumat (23/6/2017).

Setiawan berharap, inovasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah penghimpunan zakat, khususnya di Banten.

“Dompet Dhuafa terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada muzaki dan donatur. Tugas kita tidak hanya menghimpun dan menyalurkan zakat, tapi juga ada tanggung jawab menyampaikan syiar zakat kepada masyarakat, terutama kepada anak-anak muda yang sudah berpenghasilan dan belum terlalu mengerti akan kewajiban berzakat,” kata Setiawan.

Layanan kalkulator zakat online Dompet Dhuafa Banten menghadirkan dua jenis penghitungan zakat, yaitu kalkulator zakat penghasilan dan kalkulator zakat harta simpanan.

Kalkulator zakat penghasilan, kata Setiawan, dapat dimanfaatkan oleh para pekerja muda dengan penghasilan yang sudah mencapai nisab, namun masing bingung cara menghitung zakatnya.

“Kebanyakan kita kalau bicara zakat, lebih banyak tahunya zakat fitrah yang dibayar di bulan Ramadhan saja. Padahal, tabungan, emas, investasi, dan hasil pertanian, bahkan toko online pun wajib dikeluarkan zakatnya. Di layanan kalkulator zakat online kami juga hadirkan fitur untuk menghitung zakat itu,” pungkas Setiawan. [Red/dd]

Penulis: Redaksi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Dompet Dhuafa Banten Luncurkan Aplikasi Kalkulator Zakat Online
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top