Senin, 03 Agustus 2020 |
News Room - Pemerintahan

DPR Sepakat 5 RUU Pembahasannya Dibawa ke Periode 2019-2024

Senin, 30 Sept 2019 | 16:58 WIB Dibaca: 506 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat untuk menunda pembahasan terhadap lima rancangan Undang-undang (RUU) di periode sekarang. Hal tersebut diputuskan dalam rapat paripurna yang berlangsung hari ini, Senin 30 September 2019.

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, berdasarkan hasil rapat Bamus yang dilakukan sebelum rapat paripurna menghasilkan kesepakatan apabila lima RUU untuk dilanjutkan atau di carry over pengesahannya pada periode 2019-2024 seusai dengan UU Pembentukan Peraturan Perundangan yang baru direvisi.

“Sebelum rapat paripurna ini telah diadakan rapat bamus antar pimpinan DPR dan seluruh unsur pimpinan fraksi, dan komisi terkait usulan penundaan atau carry over beberapa rancangan undang-undang yang akan kita selesaikan pada periode ini," kata Bamsoet di ruang sidang, Senin (30/9/2019).

Adapun kelima RUU tersebut adalah RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU Perkoperasian, dan RUU Pengawasan Obat dan Makanan.

Dilanjutkan Bamsoet, dalam rapat Bamus tersebut seluruh fraksi di DPR telah memahami situasi sehingga sepakat RUU tersebut akhirnya ditunda.

"Namun seluruh fraksi juga memahami situasi sehingga menyetujui RUU tersebut ditunda dan dicarry over pada masa persidangan pertama pada periode yang akan datang," jelas dia.

Hingga akhirnya, Bamsoet pun kembali bertanya kepada anggota yang hadir di ruang rapat paripurna apakah keputusan itu dapat disetujui.

"Apakah dapat disetujui?" tanya Bamsoet.

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir diikuti ketukan palu. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

DPR Sepakat 5 RUU Pembahasannya Dibawa ke Periode 2019-2024
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top