• Minggu, 19 September 2021

Sistem Kripto Bisa Ciptakan Koin Halal, Mungkinkah?

- Selasa, 13 Agustus 2019 | 14:05 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Masalah koin digital yang diizinkan atau tidak dalam Islam adalah masalah besar dan telah ditanyakan oleh banyak orang sejak bitcoin muncul 10 tahun yang lalu.  Namun, menurut pakar Keuangan Islam, penerimaan token digital syariah hanyalah masalah waktu dan adopsi kripto.

 
Mata uang digital yang sesuai syariah dan akan digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk membeli barang dan jasa halal telah menjadi impian bagi banyak orang. Penggemar kripto di bidang Islam menyebutnya sebagai koin halal.

Menurut seorang pakar yang dikutip oleh Salaam Gateway, munculnya koin halal hanya masalah waktu. Koin halal, untuk menjadi mata uang fungsional perlu memenuhi dua kondisi.  Pertama, harus sesuai dengan syariah. Kedua, perlu memenuhi semua prinsip perbankan Islam.

CEO Amanie Advisor, sebuah perusahaan penasihat keuangan di Kuala Lumpur, Suhaida Mahpot, adalah penggemar konsep ini. "Penerimaan koin halal digital melampaui Syariah. Kita perlu melibatkan regulator, bank sentral dan otoritas sekuritas untuk secara sah menerima koin-koin ini," kata Suhaida dilansir di Salaam Gateway, Selasa, pekan lalu.

Menurut Suhaida, harus ada dukungan dari pemerintah, regulator dan semua pemangku kepentingan yang terkait dengannya.

Pendiri dan CEO perusahaan, Mohd Daud Bakar, adalah pakar keuangan terkenal di Malaysia. Ia juga bekerja di Dewan Penasihat Syariah Malaysia dan secara luas dianggap sebagai ahli hukum Syariah.

Bakar juga penggemar konsep koin halal dan telah berulang kali menunjukkan pujian untuk mata uang itu.

"Dari perspektif Syariah, saya percaya ini adalah bentuk mata uang terbaik yang pernah ada," kata Bakar.

Namun, ia juga tampaknya berpikir motivasi untuk mengembangkan sistem ini sedikit melambat. "Ini harus diatasi oleh komunitas teknologi. Mereka membutuhkan seseorang untuk kembali dan menambah nilai ke sistem," tambahnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

Kabar Baik dan Buruk soal Gaji Pekerja di Awal 2021

Jumat, 5 Februari 2021 | 13:44 WIB

Antam Digugat Karena Tudingan Janji Diskon Harga Emas

Selasa, 19 Januari 2021 | 10:48 WIB

Harga Baru Gas Elpiji 3 Kg, Ini Besarannya

Senin, 18 Januari 2021 | 07:26 WIB

Tiga Pertanda Kopling Mobil Minta Diganti

Senin, 4 Januari 2021 | 15:36 WIB

Tips Istirahatkan Mobil setelah Pergi Liburan

Senin, 4 Januari 2021 | 13:36 WIB
X