Selasa, 22 Juni 2021 |
News Room

Evaluasi Keterbukaan Informasi, Deks PPID di Pemprov Banten Masih Bermasalah

Rabu, 06 Jan 2021 | 16:29 WIB Dibaca: 350 Pengunjung

Ketua Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Ki Banten, Nana Subana.*


SERANG, [NEWSmedia] - Ketua Bidang Advokasi Sosialisai dan Edukasi Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten Nana Subana mengungkapkan, Deks Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkungan Pemprov Banten masih bermasalah.

Hal tersebut berdasarkan hasil dari evaluasi dan monitoring terhadap badan publik di Lingkungan Pemprov Banten yang dilakukan oleh KI Banten pada Tahun 2020.

“Kendala di OPD itu pemenuhan ruang informasi publik yang harus diperbaiki lagi, misal masih ada OPD yang tidak punya deks PPID, tapi ada juga yang sudah sempurna, tanpa menyebut nama tapi secara keseluruhan OPD di Pemprov Banten masih bermasalah di deks PPID,” kata Nana di Kantor KI Banten, Komplek Gd. Negara Provinsi Banten, Rabu (6/1/2021).

Ia menerangkan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi tahun 2020, keterbukaan informasi di OPD Lingkungan Pemprov Banten mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019.

“Kalau OPD kemaren antusiasmenya lebih baik dari tahun 2019, dari 41 OPD yang kita undang monev mereka semua mengikuti, grafik juga agak meningkat,” terangnya.

Ia juga menargetkan, badan publik di Lingkungan Pemprov Banten tidak lagi berorientasi pada pemohon informasi publik, namun lebih berorientasi pada pengguna informasi publik.

“Artinya, dimohon atau tidak dimohon, informasi publik wajib diumumkan oleh badan publik, trend kemaren itu ada yang memohon informasi, baru sibuk menyediakan ifnromasi, padahal itu kewajiban sesuai UU nomor 14 Tahun 2008,” pungkasnya. [ahi]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Evaluasi Keterbukaan Informasi, Deks PPID di Pemprov Banten Masih Bermasalah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top