• Kamis, 8 Desember 2022

ICMI Banten Dorong Kawasan Pontirta Dibangun jadi Gerbang Emas, Masyarakatnya Siapkah?

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 17:15 WIB
Peta wilayah Pontang, Tirtayasa dan Tanara di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Peta wilayah Pontang, Tirtayasa dan Tanara di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

NEWSmedia - Pontang, Tirtayasa dan Tanara (Pontirta) merupakan tiga kecamatan yang berada dalam satu jalur di wilayah utara Kabupaten Serang. Daerah itu dinilai memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi pusat perekonomian yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Sebagai wilayah yang dahulu merupakan salah satu pusat perekonomian dan politik kesultanan Banten, Pontirta merupakan warisan yang patut diperjuangkan agar masyarakatnya makmur dan sejahtera.

Hal itu diutarakan Wakil Ketua ICMI Orwil Banten Dr. Rizqullah Thohuri sebagai Keynote Speaker dalam Webinar ICMI Banten dan Simpul Madani Serang (SMS) bertajuk Pontirta Gerbang Emas ; Peluang dan Tantangan Pemberdayaan Masyarakat Pontirta, Kabupaten Serang, Sabtu, 26 Februari 2022.

Baca Juga: Abah Thowil Jawilan, Kiai Banten yang Tidak Mempan Dibakar Perampok

Narasumber yang hadir dalam seminar daring ini antara lain Rektor Untirta Prof. Dr. Fatah Sulaiman, Ketua Harian Paguyuban Urang Banten (PUB) Eden Gunawan, perwakilan dari Bappeda Banten dan Bappeda Kabupaten Serang.

Keynote Speaker Dr. Rizqullah Thohuri mengungkapkan beberapa temuan di lapangan terkait dengan kondisi eksisting di wilayah Pontirta (Pontang, Tirtayasa, dan Tanara).

“Sayangnya dengan potensi pertanian, perikanan, wisata religi, dan akses jalan yang sudah semakin baik, masyarakat Pontirta masih jauh tertinggal terutama dalam pengembangan SDM dan kesejahteraan,” ujarnya.

Baca Juga: Gubernur Banten Wahidin Halim Umumkan Masa Akhir Jabatan, Sampaikan Ucapan Terima Kasih kepada Ratu Atut

ICMI Banten sebagai ormas cendekiawan terpanggil dan mengajak ormas lain, pendidikan tinggi/kampus, media, pihak swasta, dan stakeholder lain untuk memperhatikan kondisi ini,” lanjut Rizqullah.

Rektor Untirta, Fatah Sulaiman, mengungkapkan bahwa perlu adanya kerjasama yang konkret antara dunia kampus dengan masyarakat di Banten khususnya di wilayah Pontirta.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini