Pesilat Pagar Nusa Banten Harumkan Tanah Jawara di Kancah Nasional, Sabet 8 Medali di Kejurnas Pencak Silat NU

- Rabu, 9 Maret 2022 | 20:33 WIB
Ketua PW Pagar Nusa Banten Mohammad Nasir (kedua dari kiri) bersama kontingen Pencak Silat Pagar Nusa Banten. (Foto: Banten NU Online/Taufik Hidayat At-Tanari)
Ketua PW Pagar Nusa Banten Mohammad Nasir (kedua dari kiri) bersama kontingen Pencak Silat Pagar Nusa Banten. (Foto: Banten NU Online/Taufik Hidayat At-Tanari)

 

NEWSmediaAtlet Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Banten telah membuktikan prestasi di kancah nasional. Mereka berlaga dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Festival ke-IV Pencak Silat NU Pagar Nusa yang diselenggarakan pada 4-6 Maret 2022. 

Dalam kejuaraan tingkat nasional para pesilat NU itu, Pagar Nusa Banten mengirimkan sebanyak 39 atlet pencak silat yang terdiri dari 17 putra dan 12 putri, dengan kategori Tunggal, Ganda, Regu dan Jurus Baku Pagar Nusa.

Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa tersebut berlangsung secara virtual sejak 4 Maret 2022 dan ditutup oleh Ketua Umum Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil) di Wisma Kementerian Ketenagakerjaan Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 6 Maret 2022.

Baca Juga: Saksi Mata: Makam Sultan Maulana Hasanuddin Kering Tidak Kena Air Saat Banjir Landa Kawasan Religi Banten Lama

“Beribu-ribu terima kasih untuk seluruh atlet dan seluruh kontingen yang telah berjuang demi mengharumkan nama Baik Banten di kancah persilatan. Mari kita sama-sama untuk tidak hanya mengenalkan Banten dengan ke-Jawaraan-nya, akan tetapi kita juga mengenalkan dengan pesilat yang berprestasinya” kata Ketua PW PSNU Pagar Nusa Banten, Mohammad Nasir dalam rilis yang diterima NEWSmedia, Selasa, 8 Maret 2022.

Dalam ajang kejurnas para pesilat NU itu, atlet pencak silat Pagar Nusa Banten berhasil menggondol 8 medali, yaitu 5 medali perak dan 3 perunggu.

“Pada tahun ini ada peningkatan prestasi, jika kejurnas yang lalu di tahun 2019 kita hanya mendapatkan 3 medali saja, maka sekarang alhamdulillah bertambah fantastis yaitu 8 medali sekaligus,” ucap Mohammad Nasir.

Baca Juga: Abah Thowil Jawilan, Kiai Banten yang Tidak Mempan Dibakar Perampok

Pria yang akrab dipanggil Bang Monas ini mengatakan, kesuksesan pesilat NU Banten di kejuaraan kali ini merupakan salah satu bagian dari khidmah kepada pencak silat yang dipersembahkan untuk para pendekar di Banten.

“Pencak silat ini kalau kita bagi ada dua bagian, yang pertama adalah pencak silat prestasi dan kedua adalah pencak silat tradisi,” tuturnya.

Agenda berikutnya dalam kejurnas tersebut, lanjut Mohammad Nasir, menyisakan kategori Tanding yang akan digelar pada 23-26 Maret 2022. Terkait itu, Pagar Nusa Banten berencana akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) terlebih dahulu pada 12-13 Maret 2022 di GOR Gelanggang Remaja (GGR) Ciceri Kota Serang.

“Selanjutnya pimpinan cabang kabupaten kota se-Banten wajib mengirimkan para atletnya, untuk turut serta mengikuti kejurda di kategori Tanding ini. Mari kita buktikan, bahwa para pendekar NU tidak hanya bertarung untuk berperang saja, akan tetapi juga berperang lewat tarung yang diatur menurut aturan pertandingan IPSI,” tuturnya.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Banten Ajat Sudrajat pun memberi apresiasi atas kiprah Pagar Nusa Banten dalam pencak silat.

Baca Juga: Peluang WH dan Andika Bisa Dipilih Lagi di Pilgub Banten Berat, Ukurannya Bisa Dilihat dari Faktor Ini

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini