• Rabu, 20 Oktober 2021

Festival Golok Day, Wisata Budaya di Tanah Jawara untuk Lestarikan Benda Pusaka Warisan Leluhur

- Jumat, 28 April 2017 | 17:42 WIB
Golok Day tahun lalu yang memecahkan rekor MURI. (doc)
Golok Day tahun lalu yang memecahkan rekor MURI. (doc)

CILEGON, [NEWSmedia] - Komitmen Pemerintah Provinsi Banten dalam melestarikan benda pusaka warisan leluhur terus dibuktikan, salah satunya adalah dengan mendukung penuh kegiatan Festival Golok Day yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Cilegon. 

Festival Golok Day yang akan berlangsung 30 April 2017 ini merupakan upaya pemerintah Kota Cilegon dalam rangka melestarikan dan merayakan senjata tradisional khas Kota Cilegon.

Tak hanya itu, event yang digadang-gadang akan menarik banyak wisatawan ini mampu mendongkrak potensi wisata budaya di Banten, terutama di kota baja, Kota Cilegon.

Golok Day Festival yang akan diselenggarakan di depan Kantor Wali Kota Cilegon tersebut, juga memiliki serangkaian kegiatan eksklusif lainnya, seperti Seminar Golok, Coaching Clinic Pembuatan Senjata, Demo Penggunaan Senjata, Pawai Pendekar, Festival Pencak Silat Nusantara, Golok Day Award dan Pameran Pusaka Nusantara.

Baca Juga: Bubur Suro, Tradisi Unik Bulan Muharam di Jiput Pandeglang, Seperti Apa Ya

Ketua Pelaksana Golok Day 2017 Jamhari Sakti menjelaskan, event ini juga bagian dari ajang silaturahmi antarpendekar nusantara disamping melestarikan warisan seni budaya nusantara di seperti golok dan lintas seni beladiri yang ada di Indonesia. 

"Apabila tahun 2016 hanya tingkat Provinsi Banten, tahun ini penyelenggara mengundang pendekar se-nusantara seperti dari Jakarta, Bekasi,  Bogor, Lampung,  Karawang, Bandung dan daerah lainnya," jelasnya.

Selain golok khas Banten seperti golok Sulangkar peninggalan suku adat Baduy dan golok Ciomas, panitia juga mengundang para pengrajin golok khas Banten Selatan dan Banten Utara.

Baca Juga: Tradisi Langkahan, Adat Warga Serang Banten Ketika Seorang Kakak ‘Disalip’ Nikah Sang Adik

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X