• Rabu, 20 Oktober 2021

Indra Kesuma, Alumni UST Yogyakarta yang tak Lelah Lahirkan Generasi Pelukis di Tanah Jawara

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:10 WIB
Indra Kesuma, salah seorang pelukis di Banten mengajarkan anak-anak melukis. (Syair Asiman/NEWSmedia)
Indra Kesuma, salah seorang pelukis di Banten mengajarkan anak-anak melukis. (Syair Asiman/NEWSmedia)

NEWSmedia - Perkembangan dunia kesenian di Provinsi Banten masih relatif tertinggal. Selain karena kurangnya apresiasi masyarakat, pemerintah setempat juga terkesan kurang memperhatikan kebutuhan para pelaku seni di wilayahnya.

Indra Kesuma merupakan salah seorang pelaku seni di Banten yang mengaku gerah terhadap minimnya dukungan pemerintah tersebut. Alumnus Fakultas Seni Rupa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta (1998) ini begitu menggebu ingin memajukan dunia seni di Banten.

Seniman yang juga guru seni ini aktif memberi bimbingan seni lukis kepada  para anak usia SD hingga SLTA di Banten. Saking bersemangatnya, ia sering memboyong anak didiknya keluar  daerah hanya untuk mencari objek lukisan.

“Di tangan mereka terletak maju atau mundurnya seni di Banten masa mendatang. Saya ingin  melihat mereka memiliki kecintaan dan kemampuan yang besar tentang  seni," kata pria yang akrab disapa Mas Indra.

Baca Juga: Ini Daftar Wilayah di Jawa-Bali yang Menerapkan PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus 2021

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi saat Mengumumkan PPKM Level 4 Diperpanjang, Senin 2 Agustus 2021

Meski lahir di luar Banten, Indra memiliki kecintaan mendalam terhadap provinsi ke-30 yang sering disebut Tanah Jawara itu. Hal itu antara lain terlihat dari keterlibatannya dalam berbagai organisasi di Banten. Ia juga sering menggelar pameran seni rupa.

Di matanya, pemerintah daerah sudah memberi perhatian relatif merata kepada seluruh elemen masyarakatnya. Namun khusus untuk seniman, pemerintah dinilainya masih memperlakukannya sebagai anak tiri.

Mungkin, kata dia, karena pemerintah daerah menilai peran seniman dalam pembangunan tidak begitu jelas.

Halaman:

Editor: Syair Asiman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X