Rabu, 12 Agustus 2020 |
News Room

Gugus Tugas Covid-19 Larang Pesantren Buru-buru Dibuka

Kamis, 11 Jun 2020 | 10:24 WIB Dibaca: 382 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan kegiatan di pondok pesantren masih belum boleh dilakukan. Masih ada kecemasan muncul klaster penularan virus corona (Covid-19) baru jika pesantren dibuka dalam waktu dekat.

"Itu tidak boleh [ponpes dibuka], maka dari itu Pimpinan Daerah harus mengendalikan semua itu, kalau tidak nanti kasusnya akan naik. Clear, Ponpes kan pendidikan, belum boleh," ujar Wiku dalam tayangan Mata Najwa yang disiarkan di Trans7, Rabu malam (10/6).

Menurut Wiku, sektor pendidikan tidak perlu buru-buru segera dibuka. Baik di daerah yang masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mau pun yang sudah menuju new normal.

Pasalnya, anak merupakan salah satu kelompok usia yang rentan tertular Covid-19. Karenanya, keputusan sekolah kembali dibuka harus melalui kajian yang komprehensif serta simulasi yang tepat.

"Jadi sekolah itu risiko penularannya itu paling tinggi, sedangkan dampak ekonominya paling rendah. Jadi kalau mau dibuka itu yang paling belakang, setelah dilakukan kajian, simulasi," tuturnya.

Seperti dua Ponpes di Jawa Timur, al-Falah Ploso dan Lirboyo, Kediri. Salah satu pengurus Pesantren al-Falah Ploso, M Ma'mun Mahfud mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan hal-hal yang menjadi panduan new normal dalam proses pembelajaran. Pesantren al-Falah rencananya baru akan memulai proses pembelajaran awal Juli nanti. 

Sementara Pesantren Lirboyo Kediri, Abdul Muid Shohib berencana membuka kembali pada 20 Juni mendatang. Muid menyampaikan, proses kedatangan santri sebelum dimulainya proses belajar mengajar di pesantren akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, dari sekitar 28 ribu santri pesantren Lirboyo, hanya ada sekitar 10 persen atau sekitar 2.500 santri yang akan kembali ke pesantren. [Cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Gugus Tugas Covid-19 Larang Pesantren Buru-buru Dibuka

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top