• Rabu, 20 Oktober 2021

Fakta Iwan Fals, Dibalik Lagu-lagunya yang Berani Mengkritik Rezim Ternyata Orang yang Cengeng  

- Selasa, 7 September 2021 | 12:58 WIB
Penampilan Iwan Fals dalam sebuah acara di salah satu stasiun teleivisi swasta nasional. (Foto: Instagram @iwanfals
Penampilan Iwan Fals dalam sebuah acara di salah satu stasiun teleivisi swasta nasional. (Foto: Instagram @iwanfals

NEWSmedia – Siapa yang tak mengenal Iwan Fals. Penyanyi legendaris yang memiliki jutaan penggemar di hampir seluruh pelosok negeri.

Musisi bernama Virgiawan Listanto yang populer dengan nama Iwan Fals ini adalah sosok yang getol menyuarakan ketidakadilan dalam berbagai lirik lagu-lagunya.

Penampilannya yang gondrong, banyak menghiasi berbagai tempat. Bahkan tampang-tampangnya sangat mudah dikenali, hingga menjadi penghias di belakang mobil angkot atau mobil truk. Iwan Fals punya fans fanatik yang tergabung dalam OI (Orang Indonesia).

Baca Juga: Diskon PPnBM 0 Persen Habis di September 2021, Harga Mobil Kembali Naik Termasuk Toyota Rush dan Brio

Berani menyuarakan isi hati rakyat, bahkan terkadang tampil brewok dengan kumis dan janggut putihnya ternyata Iwan Fals adalah sosok yang mudah menangis.

“Justru dari kecengengan-kecenngengan itu gue bisa merasakan apa yang orang lain rasakan,” kata Iwan Fals dalam obrolan santainya bersama Soleh Solihun, dalam sebuah tayangan YouTube Chanel bertajuk The Soleh Solihun Inteview: Iwan Fals.

Salah satu lagunya ‘Surat Buat Wakil Rakyat’ sangat populer, dan abadi hingga saat ini. Lagu itu menggambarkan tentang wakil rakyat yang kurang peka terhadap rakyatnya.

Baca Juga: Higgs Domino Update Terbaru September 2021, Berikut Fitur-fitur dan Cara Downloadnya

Keberaniannya mengkritik wakil rakyat di masa orde baru bukanlah hal yang biasa. Tak banyak orang yang mau melakukan pada masa itu. Karena itu pula Iwan Fals digambarkan sebagai sosok musisi yang begitu berani.

Terkenal dengan lagu-lagunya yang kerap mengkritik penguasa dan menyuarakan ketidakadilan, saat ditanya Soleh Solihun mengenai sosok Iwan Fals yang tidak banyak diketahui oleh orang lain, Iwan Fals menjawab dirinya merupakan sosok yang berhati lembut, penyayang dan bahkan mudah menangis.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X