• Rabu, 20 Oktober 2021

Lagu Pertama Iwan Fals Diciptakan Saat Masih SMP, Isinya Sudah Mengkritik

- Selasa, 7 September 2021 | 19:16 WIB
Iwan Fals.(Foto: Tangkap Layar Instagram @iwanfals)
Iwan Fals.(Foto: Tangkap Layar Instagram @iwanfals)

NEWSmediaIwan Fals yang sering tampil di panggung-panggung besar dan menunjukkan kemahirannya bermain gitar menjadi fenomena tersendiri sebagai seorang musisi papan atas.

Tapi siapa sangka, penyanyi legendaris itu bisa sehebat sekarang gara-gara terinspirasi seorang wanita teman SMP-nya. Bahkan tangannya sampai melepuh, saat pertama kali bermain gitar.

Saat seorang guru bertanya, siapa yang bisa main gitar? Iwan Fals langsung ngacung. Padahal dirinya tak bisa main gitar. Tetapi saat itu ada seorang wanita yang mahir bermain gitar.

Baca Juga: Koes Hendratmo Meninggal Dunia, Legenda Dengan Sejuta Kenangan Bagi Pemirsa Acara Kuis ‘Berpacu dalam Melodi’

”Masa perempuan jago main gitar,” bathin Iwan Fals, memicu dirinya untuk bisa melakukannya.

Maka saat dibentuk group vokal di SMP 5 Bandung, tempatnya sekolah, akhirnya ia berlatih selama dua bulan dan bisa bermain gitar. “Pertama berlatih, tangan sampai melepuh,” kata Iwan dalam tayangan chanel YouTube The Soleh Solihun Interview: Iwan Fals.  

Tapi lucunya, ia tak tahu harus membawakan lagu apa. Akhirnya ia menciptakan lagu sendiri, judulnya Aku dan Sekolah.

Baca Juga: Catat! Inilah Kunci Jawaban Susun Kata Level 81-90 Higgs Domino Island Terbaru

“Aku dimarahi guru bermata jeli,” iwan menyanyikan sepenggal lirik yang diakuinya ia telah lupa lagu pertamanya itu. “Saya lupa,” sambungnya kepada Soleh Solihun.

Lagu ini menceritakan kisah Iwan Fals saat masa-masa sekolah yang dimarahi oleh guru cantik karena datang terlambat ke sekolah. Iinspirasi lagu itu juga meggambarkan gurunya yang galak terhadap teman wanitanya yang datang ke sekolah dengan make up yang tebal.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X