• Rabu, 1 Desember 2021

Kenali Tanda-tanda Gaslighting dalam Hubungan, Suka Membantah Walau Terbukti Bersalah

- Rabu, 8 September 2021 | 15:19 WIB
Ilustrasi - Gaslighting dalam hubungan (Instagram/ @ahifnii)
Ilustrasi - Gaslighting dalam hubungan (Instagram/ @ahifnii)

NEWSmedia - Berikut tanda-tanda Gaslighting yang mungkin perlu kamu ketahui saat menjalin hubungan dengan seseorang.

Mungkin banyak yang belum mengetahui dengan istilah Gaslighting ini, sehingga tidak menyadari mungkin kita pernah menjadi korban atau mungkin kita pernah menjadi pelaku dari perbuatan tersebut.

Perlu diketahui bahwa Gaslighting adalah istilah untuk menggambarkan tindakan memanipulasi dan mengontrol orang lain yang terjadi pada hubungan yang tidak sehat.

Baca Juga: Video Short Putih Abu-abu Trending 1 YouTube, Dapat 5 Juta Subscriber Setelah 4 Hari Diunggah

Gaslighting bisa juga diartikan sebagai pelecehan atau kekerasan emosional yang dapat terjadi pada siapa saja, terutama dalam sebuah hubungan atau pertemanan.

Efek buruk bagi korban gaslighting, ia akan merasa tidak percaya diri, sulit membedakan kebenaran dan kebohongan, bahkan timbul ketergantungan pada si pelaku, baik dalam hal pemikiran maupun perasaan.

Supaya kita terhindar dari gaslighting, kenali tanda-tandanya dalam hubunganmu dengan pasangan, teman, dan bisa jadi terjadi di keluarga:

Baca Juga: Bejod Magic Bamboo, Kerajinan Gitar Bambu Lebak yang Mendunia, Produknya Dipesan Musisi Amerika

1. Sering berbohong
Pelaku (gaslighter) lihai berbohong, kebohongannya tampak seperti kejujuran dan pelaku pandai berkelit sehingga membuat kamu ragu. Dan ketika pelaku membuat kebohongan yang lebih besar, kamu akan menjadi tidak yakin dengan apa yang dikatakannya itu benar atau bohong.

2. Membantah walaupun terbukti bersalah
Pelakunya gaslighting biasanya pandai memanfaatkan kebaikan orang lain, walaupun ia terbukti bersalah, ia akan membuat taktik yang mulus sehingga korban tidak sadar telah dimanfaatkan untuk kepentingannya.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Sumber: opsyclinic

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X