• Minggu, 22 Mei 2022

Lirik Lagu Gugur Bunga serta Maknanya, Menyayat Hati untuk Mengenang Pahlawan Korban Tragedi G30S PKI

- Rabu, 29 September 2021 | 12:32 WIB
10 Pahlawan yang gugur dalam tragedi G30S PKI.
10 Pahlawan yang gugur dalam tragedi G30S PKI.

NEWSmedia - Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) adalah tragedi mencekam yang pernah melanda masyarakat Indonesia pasca Kemerdekaan dulu.

Begitu tragisnya tragedi G30S PKI, membuat para musisi indonesia menciptakan banyak kenangan dalam lagu-lagu yang menyayat hati.

Pemberontakann sekaligus pembantaian oleh para penggerak dalam G30S PKI itu berlangsung pada 30 September sampai awal Oktober tahun 1965.

Baca Juga: Di Balik G30S, Taufiq Ismail Ungkap Aksi Pelecehan Tuhan dan Agama yang Dilakukan PKI Melalui Seni Ludruk

Tragedi G30S PKI itu telah menggemparkan Indonesia bahkan dunia. Di mana telah terjadi penculikan, penyiksaan, pembunuhan bahkan penguburan tujuh orang perwira tinggi militer Republik Indonesia yang kita sebut pahlawan Revolusioner secara tidak pantas.

Salah satu lagu yang populer untuk mengenang tragedi itu adalah lagu 'Gugur Bunga' yang diciptakan oleh Komponis Indonesia Ismail Marzuki.

Lagu ini pun menjadi soundtrack film dokumenter G30S PKI. Dalam liriknya, lagu ini menceritakan tentang prajurit yang gugur dalam pertempuran dan perasaan orang-orang yang ditinggalkan.

Baca Juga: Rindu Monas? Ini Link Video Tournya, Bisa Lihat Bagian Dalam Termasuk Gerbang Kemerdekaan Berlapis Emas

Selain lagu 'Gugur Bunga' yang menjadi lagu wajib sekaligus lagu yang mengingatkan tragedi G30S PKI, beberapa lagu tentang Indonesia dan para pahlawan bangsa juga tak kalah membuat hati terenyuh. Seperti lagu 'Ibu Pertiwi' dan 'Indonesia Pusaka' yang juga diciptakan oleh Ismail Marzuki.

Berikut ini adalah lirik lagu Gugur Bunga ciptaan Ismail Marzuki pada tahun 1945. Simak lirik dan dalami maknanya:

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini