• Minggu, 22 Mei 2022

7 Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu, Bisa Menggunakan Korek Hingga Jari Tangan

- Sabtu, 20 November 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi madu (istimewa)
Ilustrasi madu (istimewa)

NEWSmedia - Bagi kita masyarakat Indonesia minum madu adalah kebiasaan turun temurun, baik madu yang dihasilkan oleh lebah secara alami maupun madu yang sengaja diperoleh dengan mengembangkbiakan lebah di tempat penangkaran.

Tetapi saat ini memperoleh madu yang asli dan berkhasiat bagi tubuh bukan persoalan mudah, karena madu palsu banyak beredar di masyarakat sehingga diperlukan cara agar madu yang kita konsumsi benar benar asli dan berkhasiat.

Cara membedakan madu asli dan palsu perlu diketahui oleh masyarakat umum. Sebab, saat ini di era pandemi madu menjadi salah satu jenis makanan yang diburu oleh banyak orang untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: Madu Bisa Jadi Pertolongan Pertama Atasi Batuk Pilek pada Anak-Anak

Produk madu sendiri saat ini banyak dijual di e-commerce dengan harga yang beragam. Ada yang murah dan ada yang mahal

Jika salah membeli madu palsu, maka bukannya tidak mungkin justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu?

1. Cara mengetahui madu asli dengan tisu

Pertama, cara mengetahui madu asli dengan tisu yakni dengan meletakkan madu di atas tisu. Jika madu dicampur dengan air maka madu akan terserap oleh tisu dan membuat tisu menjadi basah.

Namun, jika madu asli tanpa campuran maka tidak akan terserap oleh tisu dan tidak membuatnya basah.

Sama halnya jika membedakan madu palsu dengan madu asli menggunakan kain putih, maka jika madu asli tidak akan terserap atau meninggalkan noda.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini