• Sabtu, 25 Juni 2022

Waspada! Fitur Terbaru di Instagram ‘Add Yours’ Bisa Jadi Pintu Masuk Aksi Penipuan

- Selasa, 23 November 2021 | 14:48 WIB
Fitur Instagram 'Add Yours' yang mengungkap tentang pribadi. (Foto: Twitter @ditamoechtar_)
Fitur Instagram 'Add Yours' yang mengungkap tentang pribadi. (Foto: Twitter @ditamoechtar_)

NEWSmedia – Baru-baru ini Instagram mengeluarkan fitur terbaru berbentuk sticker bernama ‘Add Yours’. Fitur itu merupakan cara terbaru Instagram untuk meningkatkan keterlibatan atau engagement pengguna.

Fitur ‘Add YoursInstagram dapat membuat pengguna menemukan lebih banyak orang untuk difollow. Sebab setelah mengklik stiker Add Yours dari stories, pengguna akan dapat melihat semua konten yang ikut dalam tren tersebut.

Namun siapa sangka jika fitur tersebut menjadi salah satu modus penipuan. Para pengguna di Instagram yang mengikuti tren tersebut tidak menyadari dari fitur itu data pengguna dapat dilihat untuk disalahgunakan.

Terlebih, fitur Add Yours itu tak lain mengungkap tentang pribadi pemilik akun dengan pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan.

Baca Juga: Bagaimana Table Manner yang Benar, Apa Sih Appetizer, Main Course dan Dessert? Begini Penjelasannya

Salah satu topik challenge yang popular dengan fitur Add Yours adalah pilihan ‘Panggilan Nama Kamu’. Hal itulah yang bisa dimanfaatkan para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Seperti yang diutarakan Dita Moechtar melalui akun twitter @ditamoechtar_ yang menceritakan bahwa salah satu temannya mengalami penipuan.

“Pagi tadi temen sy tlp, nangis2 abis ditipu katanya. Biasalah, penipu yg tlp minta transfer gtu. Yg bikin temen sy percaya, si penipu manggil dia “pim”. “Pim” adlh panggilan kecil tmn sy, yg hanya org terdekat yg tau. Terus dia inget dia abis ikutan tren ini,” tulis Dita Moechtar.

Baca Juga: Jangan Melakukan Hal Ini Jika Ingin Wudhu Kamu Menjadi Tidak Sah, Begini Menurut Ustadz Adi Hidayat

Tren yang dimaksud adalah challenge Add Yours di story Instagram. Sebenarnya fitur itu hanya untuk hiburan semata, namun siapa sangka malah dimanfaatkan oknum untuk melancarkan aksi penipuan.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini