• Sabtu, 22 Januari 2022

Hari Ini 1 Desember Diperingati Sebagai Hari AIDS Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 11:05 WIB
Icon Ilustrasi Hari AIDS Seduia yang diperingati 1 Desember
Icon Ilustrasi Hari AIDS Seduia yang diperingati 1 Desember

NEWSmedia - Hari ini merupakan hari AIDS Sedunia, yang diperingati pada setiap tanggal 1 Desember. Ditetapkannya hari peringatan AIDS ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia terhadap wabah penyakit AIDS yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV yang dapat menghilangkan kekebalan tubuh manusia.

Bagaimana sejarah penetapan peringatan World AIDS Day ini?Sebelum mengapa 1 Desember ditetapkan sebagai hari IADS sedunia mari kita bahas apa itu AIDS.

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan suatu kumpulan gejala dan infeksi sindrom yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia.

Baca Juga: 13 Twibbon Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2021 Identik dengan Pita Merah: Bagikan dan Edukasi Masyarakat

Sistem kekebalan tubuh ini melemah lantaran terinfeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus, suatu virus yang dapat melemahkan kekebalan tubuh manusia.

AIDS ini termasuk dalam golongan penyakit mematikan. Hingga hari ini, belum ditemukan hasil uji klinis resmi dari otoritas berwenang sepert WHO mengenai obat atau vaksin untuk menyembuhkan AIDS.

Tetapi cara terbaik untuk tidak terjangkit AIDS adalah dengan mencegah penyebaran virus HIV itu sendiri dengen berprilaku hidup sehat, tidak gonta ganti pasangan dan menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Sejarah Peringatan Hari AIDS Sedunia itu sendiri pertama kali digagas oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus tahun 1987. Keduanya merupakan petugas informasi publik dalam Program Global AIDS WHO di Jenewa, Swiss.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Keren Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2021 GRATIS: Akhiri AIDS, Cegah HIV, Akses untuk Semua

Keduanya Bunn dan Netter menyampaikan ide tersebut kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global yang saat ini dikenal dengan UNAIDS.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X