• Sabtu, 22 Januari 2022

8 Fakta Menarik Joseph Fourier, Sang Penemu Efek Rumah Kaca, Pernah Pindah ke Inggris dan Kembali ke Prancis

- Rabu, 1 Desember 2021 | 18:33 WIB
Ilustrasi - Efek rumah kaca (Pixabay/ apollis)
Ilustrasi - Efek rumah kaca (Pixabay/ apollis)

NEWSmedia – Efek Rumah Kaca merupakan babak pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan kondisi atmosfernya.

Efek Rumah Kaca pertama kali diusulkan oleh Joseph Fourier, seorang matematikawan dan fisikawan asal Prancis pada tahun 1824.

Berikut 7 Fakta menarik Joseph Fourier Sang penemu Efek Rumah Kaca :

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Ungkap 3 Cara Khusyuk Shalat, Salah Satunya dengan Cinta kepada Allah SWT

1 . Jean-Baptiste Joseph Fourier  21 Maret 1768 - 16 Mei 1830) adalah seorang Perancis, matematikawan dan fisikawan yang lahir di Auxerre dan terkenal untuk memulai penyelidikan seri Fourier dan aplikasi mereka untuk masalah perpindahan panas dan getaran .

2 . Fourier disertai Napoleon Bonaparte pada ekspedisi Mesir-nya pada tahun 1798, sebagai penasihat ilmiah dan diangkat sekretaris Institut d’Mesir.

Terputus dari Perancis oleh armada Inggris, ia menyelenggarakan lokakarya, di mana tentara Perancis harus bergantung untuk amunisi perang mereka. Dia juga memberikan kontribusi beberapa makalah matematika ke Mesir Institute.

Baca Juga: Menpora Zainudin Amali Beri Apresiasi kepada Penyelenggara Indonesia Badminton Festival 2021, Seperti Apa?

3. Fourier pindah ke Inggris pada 1816. Kemudian, ia kembali ke Perancis, dan pada 1822 berhasil Jean Baptiste Joseph Delambre sebagai Sekretaris Tetap dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis.

4. Pada tahun 1830, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences .

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X