• Minggu, 25 September 2022

Sejarah Hari Valentine yang Dirayakan 14 Februari: Maksiat Dibalut Kasih Sayang, Orang Muslim Wajib Tahu Ini!

- Selasa, 8 Februari 2022 | 19:36 WIB
Sejarah Hari Valentine yang Dirayakan 14 Februari. (Foto: Ilustrasi Freepik)
Sejarah Hari Valentine yang Dirayakan 14 Februari. (Foto: Ilustrasi Freepik)

NEWSmedia Zaman sekarang banyak anak muda yang mengikuti tradisi barat dengan merayakan Hari Valentine dengan alasan hari kasih sayang, simak sejarahnya berikut ini:

Hari Valentine berawal dari Athena Kuno, pada saat ini terdapat sebuah ritual yang dikenal dengan nama Gemenion.

Gemenion adalah pernikahan dewa Zeus dan dewi Hera, momen ini dilaksanakan pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari.

Baca Juga: Lowongan Kerja RSUD Kramat Jati Minimal Pendidikan SMA Februari 2022: Ini Posisi, Syarat, dan Jadwalnya

Zeus adalah dewa bapak dan Hera adalah dewi yang paling cantik, di antara mereka berdua terdapat Cupid yaitu sosok bayi bersayap tanpa busana dan membawa busur.

Budaya ini kemudian semarak di Yunani hingga sampai pada Romawi, ketika budaya ini masuk ke Romawi maka yang dipakai sebagai ikon bukan Zeus dan Hera melainkan Lupercalia.

Lupercalia ditetapkan dan diperingati pada 15 Februari, diceritakan Lupercalia adalah sebuah ritual penyucian diri dari kutukan, kemalangan, dan kemandulan.

Baca Juga: Dewi Rindu Episode 85 86 pada 8 Februari 2022: Dewi Terjebak Di Kamar saat Rumahnya Kebakaran, Ini Sinopsisnya

Lupercus adalah sosok dewa yang digambarkan separuh manusia dan separuh lainnya adalah binatang, pada saat itu anak muda mengorbankan domba sebagai persembahan untuk menghilangkan kutukan.

Setelah melaksanakan ritual anak muda laki-laki dan perempuan dikumpulkan dalam satu tempat dan meminum minuman memabukkan dari pendeta mereka.

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Tags

Artikel Terkait

Terkini