• Kamis, 18 Agustus 2022

Sejarah Hari Palang Merah Internasional yang Diperingati 8 Mei 2022, Awal Mula Gerakan Kemanusiaan

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 10:55 WIB
Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (pmi. or. id)
Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (pmi. or. id)

NEWSmedia - Tanggal 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional. Bagaimana sejarah Hari Palang Merah Internasional? Simak di bawah ini.

Hari Palang Merah Internasional ditetapkan pertama kali pada tanggal 8 Mei sejak tahun 1948 silam dimana peringatan ini merupakan penghargaan bagi pendiri gerakan Palang Merah Dunia Henry Dunant.

Berikut sejarah lengkap Hari Palang Merah Internasional.

Baca Juga: 17 September Memperingati Hari Apa? Berikut Sejarah Terbentuknya Palang Merah Indonesia

8 Mei merupakan hari lahir Henry Dunant penggerak keanggotaan palang merah dunia yang bergerak untuk kemanusiaan.

Gerakan tersebut kemudian disebut dengan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (PMBSM) Internasional yaitu organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Henry Dunant adalah pelopor sekaligus penggerak organisasi kemanusiaan di dunia yang diawali pada saat perang di Solfarino.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus Hari Minggu 8 Mei 2022 Lengkap dari Karir, Cinta, Keuangan dan Kesehatan

Dimana pada saat terjadi Perang di Selfarino Henry Dunant tergerak untuk menolong para korban terluka yang dibiarkan tanpa bantuan medis. Ia kemudian turun menolong dan menggerakkan para relawan kemanusiaan lainnya.

Pada awalnya Federasi Internasional Komunitas Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, mengatur aktivitas anggota pergerakan palang merah dan bulan sabit merah di 188 negara yang tergabung dan Komunitas Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit yang terdapat di setiap negara di dunia.

Halaman:

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini