• Jumat, 19 Agustus 2022

Peringatan Dini BMKG: Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Beberapa Wilayah pada Selasa 7 Juni 2022

- Senin, 6 Juni 2022 | 22:20 WIB
Ilustrasi cuaca buruk, hujan lebat dan angin kencang. (pexel.com)
Ilustrasi cuaca buruk, hujan lebat dan angin kencang. (pexel.com)

NEWSmedia - Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca untuk Selasa 7 Juni 2022. Dimana akan terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Dalam informasi yang disampaikan BMKG pada Senin 6 Juni 2022 disampaikan bahwa beberapa daerah memiliki potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Hal ini disampaikan agar masyarakat lebih waspada.

Beberapa daerah yang diperingatkan cuaca buruk tersebut adalah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat , Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur.

Baca Juga: Siapakah Rita Warintil yang Dikabarkan Meninggal Dunia hingga Namanya Trending: Simak Profil dan Biodatanya

Selain itu, kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah , Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

BMKG juga menyampaikan alasan dan hasil observasi yang dilakukan tentang cuaca buruk berupa hujan lebat dan angin kencang yang akan menerpa beberapa daerah ini.

Baca Juga: 5 Alasan Harga Tiket Candi Borobudur Melejit Menjadi Rp750 Ribu, Hingga Melahirkan Pro Kontra

BMKG menjelasjan bahwa daerah konvergensi terpantau memanjang dari perairan Bengkulu hingga pesisir Sumatera Barat, di Jawa Tengah, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara.

Selain itu juga terpantau di Sulawesi bagian tengah, di Laut Arafuru, di Laut Jawa bagian barat, dan dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara.

BMKG memprakirakan, dari kondisi tersebut prakiraan cuaca dibeberapa daerah sangat terpengaruh dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Piala Presiden 2022 Pekan 2, Lengkap dengan Jam Tanding dan Stadionnya!

Itulah prakiraan cuaca dan peringatan cuaca buruk yang disampaikan BMKG agar kita berhati-hati dan wadpada. ***

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini