• Jumat, 12 Agustus 2022

Kisah Sukses Ida Rosita, Pengusaha Perempuan di Surabaya UMKM Binaan BRI Mendulang Untung dari Usaha Ecoprint

- Senin, 13 Juni 2022 | 21:07 WIB
Ida Rosita, pengusaha perempuan asal Surabaya sukses mengembangkan bisnis mode ecoprint yang dibantu BRI. (Dok. BRI for NEWSmedia)
Ida Rosita, pengusaha perempuan asal Surabaya sukses mengembangkan bisnis mode ecoprint yang dibantu BRI. (Dok. BRI for NEWSmedia)

NEWSmedia - Ini kisah sukses Ida Rosita (41 tahun) pengusaha perempuan asal Surabaya, Jawa Timur yang patut menjadi inspirasi.

Ida Rosita sukses merintis usaha pakaian wanita bernama 'Ecoprint Girly Lestari' hingga bisa menjadi UMKM binaan BRI (PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk).

Awal usaha yang dijalankan Ida Rosita bermula dari kampung tempat tinggalnya di Jambangan, Surabaya, mengikuti lomba Surabaya Smart City (SSC), yang diadakan Pemerintah Kota Surabaya pada tahun 2019.

Baca Juga: Jelang Piala Presiden 2022, Inilah Dua Permintaan Persebaya Surabaya yang Ditolak PT LIB: Tetap di Grup Neraka

Salah satu tujuan lomba tersebut waktu itu adalah untuk memberdayakan masyarakat, mengajak wanita-wanita di kampung berkegiatan agar mendapat penghasilan tambahan.

Pada lomba itu, Ida mengusulkan membuat usaha pakaian wanita dengan mengadopsi teknik ecoprint.

“Awalnya Surabaya Smart City ini kan di kampung, sebenarnya bukan saya yang menggagas ecoprint ini. Jadi, saya sama bu RT membuat apa gitu di kampung yang sekiranya sama warga bisa bareng-bareng, terus ada lomba SSC tahun 2019 kita buat ecoprint untuk menunjukkan keunggulan atau usaha yang dimiliki kampung kami,” kata Ida.

Saat itu hasil produk ecoprint di kampungnya menjadi daya tarik wisatawan yang datang. Seiring berjalannya waktu, Ida melihat ada potensi yang bisa dikembangkan melalui kerajinan ecoprint ini. Jadinya dia memutuskan membuka usaha sendiri di tahun 2019, meski saat itu usahanya belum memiliki izin resmi.

Baca Juga: Marak Upaya Penipuan Perbankan, BRI Imbau Masyarakat Jaga Kerahasiaan Data & Password

Selang setahun kemudian, tepatnya tahun 2020 akhirnya Ida memiliki izin usaha ecoprint.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini