• Senin, 26 September 2022

Mahasiswa KKN Kelompok 149 UIN Banten Menggelar Workshop Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengembangan UMKM Desa

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:24 WIB
Mahasiswa KKN Kelompok 149 pada acara workshop UMKM.
Mahasiswa KKN Kelompok 149 pada acara workshop UMKM.

NEWSmedia - Mahasiswa KKN Kelompok 149 UIN Banten Desa Binong, Kec. Maja gelar workshop UMKM usung tema pemanfaatan media sosial Desa Binong di Majelis Ponpes pada Minggu 14 Agustus 2022.

Potensi yang dikembangkan oleh UMKM Desa hingga saat ini yaitu industri makanan khas berupa opak Ketan yang diproduksi di Kp. Pangeurenan desa Binong, kecamatan Maja, Lebak.

Namun, dari segi pemasarannya produksi opak Desa Binong masih stagnan dan tidak meluas. Eksistensi opak ketan dari Binong pun masih kalah dari daerah lain.

Baca Juga: Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Banten Gelar Acara Nonton Bareng dan Bedah Film Penyalin Cahaya

Disamping banyaknya potensi yang ada, masyarakat mengalami kesulitan untuk memaksimalkan pemasaran opak yang lebih meluas. Produksi opak ketan sudah berjalan lama dan mampu bertahan hingga saat ini.

Hal ini melatar belakangi diadakannya sosialisasi terkait pemanfaatan media sosial dalam pengembangan UMKM kepada pelaku UMKM di Desa Binong oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 149 Universitas Islam Negeri Hasanudin Banten.

"Workshop ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan mengenai digital marketing yang diharapkan mampu mengangkat eksistensi perajin opak di Kampung Pangeurenan," Kata Ketua pelaksana Imam Fadly.

Baca Juga: Wujudkan Desa Layak Anak, Mahasiswa KKM UNTIRTA Kelompok 14 Adakan Rangkaian Kegiatan Sosial di Desa Muncung

Sosialisasi tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 14 Agustus 2022 pukul 09.00-selesai yang bertempat di Pondok Pesantren Darul Ibtida Al-Anfa, Kampung Pangareunan, Desa Binong, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten.

Halaman:

Editor: Nurcholis Fajri Syah

Tags

Artikel Terkait

Terkini