Hati-hati! Ini Modus Penipuan Terbaru Lewat Kurir Paket Kirim File Apk di WhatsApp Lalu Saldo Rekening Ludes!

- Minggu, 4 Desember 2022 | 23:11 WIB
Modus penipuan siber lewat ekspedisi kurir paket. (Instagram.com/@evan_neri.tftt)
Modus penipuan siber lewat ekspedisi kurir paket. (Instagram.com/@evan_neri.tftt)

NEWSmedia - Ada banyak cara di jaman yang serba digital seperti sekarang ini untuk melakukan modus penipuan salah satunya lewat ekspedisi Kurir Paket yang bisa membuat saldo rekening hilang atau ludes seketika.

Baru-baru ini ada modus penipuan terbaru melalui chat WhatsApp yang berpura-pura dari jasa ekspedisi Kurir Paket lalu mengirimkan file dengan ekstensi Apk.

Kalau kita tidak jeli dan hanya melihat dokumen yang dikirim dengan modus penipuan terbaru ini maka kita akan terkecoh. Berikut kronologi lengkap modus penipuan lewat ekspedisi Kurir Paket.

Baca Juga: Hati-hati! Jangan Sampai Nasabah Kena Tipu, Ini Tips Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Bank

Akun Instagram @evan_neri.tftt membagikan pengalaman tentang modus penipuan terbaru lewat ekspedisi Kurir Paket yang berpura-pura untuk mengirimkan barang.

Dalam foto yang diunggah, terlihat penipu berpura-pura menjadi Kurir Paket mengirimkan paket dan dokumen yang bertuliskan "lihat foto paket".

Namun dokumen yang dikirimkan penipu ialah berbentuk Apk yang berjalan untuk OS Android. Jika kita tidak jeli melihat tulisan dokumen tersebut maka akan dimanfaatkan oleh penipu.

Baca Juga: Profil dan Biodata Jungler RBL 'Fearless' yang Dituding Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Resepsionis Hotel

"Dalam kasus ini, korban terlanjur mengunduh file tsb. Dan tanpa diketahui korban, Saldo BRImo pun ludes. Korban mengaku tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dari mengisi user ID maupun password pada situs lain," tulis caption sebagaimana dikutip NEWSmedia dari akun Instagram @evan_neri.tftt pada Minggu 4 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Nurcholis Fajri Syah

Tags

Artikel Terkait

Terkini