Selasa, 15 Juni 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Hindari Infeksi, Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan Lidah

Sabtu, 30 Jun 2018 | 01:02 WIB Dibaca: 762 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Dibandingkan dengan gigi, lidah merupakan bagian dalam mulut yang sering diabaikan kebersihan serta kesehatannya. Dikutip dari laman indiatimes, Dr. Puneet Ahuja, Konsultan Senior Bedah Gigi di Sri Balaji Action Medical Institute, India mengatakan kalau beberapa infeksi dapat disebabkan karena kebersihan lidah yang buruk.

Penting bagi kita mengetahui cara menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari sejumlah infeksi yang dapat mengganggu kesehatan.

Lidah seperti halnya gigi, digunakan terus menerus. Jadi, dengan mengabaikan perawatannya, tentu dapat menimbulkan dampak negatif. Kesehatan lidah bisa ditandai dengan perubahan warna.

Lidah yang sehat berwarna merah muda dengan bintik kecil (papila) dan terdapat lapisan putih tipis di atasnya. Oleh karena itu, menurut Dr. Puneet Ahuja, kalau lidah Kamu berwarna hitam, kuning, atau putih, lidah Kamu mungkin tidak bersih nih.

Dalam beberapa kasus, lidah yang bermasalah juga disertai rasa sakit atau tidak nyaman. Lidah yang berubah warna atau menyakitkan dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Untuk mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin terjadi, Kamu harus menjaga kesehatan lidah dengan cara berikut:

Membersihkan Lidah dengan Pembersih Khusus Lidah

Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan kalau permukaan lidah adalah tempat berdiam banyak bakteri. Dengan menumpuknya kuman di lidah ini dapat menjadi penyebab bau mulut. Bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain di mulutmu. Hal tersebut bisa menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi.

Marc Lowenberg, dokter gigi kecantikan di New York mengatakan paling tidak Kamu membersihkan lidah 1 kali dalam sehari. Gunakan alat pembersih lidah setelah menyikat gigi baik di pagi atau malam hari. Setelah menggunakan alat pembersih lidah, Kamu disarankan untuk menggunakan obat kumur nonalkohol atau berkumur dengan air hangat.

Banyak Minum Air

Minumlah 2 liter air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cara ini dapat menjaga lidah Kamu tetap berwarna merah muda dan sehat karena air membantu membersihkan bakteri di lidah dan membuat lidah tetap lembab. Mengonsumsi cukup air juga menghindari mulut Kamu dari kekeringan yang berisiko mendorong pertumbuhan mikroba pada permukaan lidah.

Jangan Gunakan Aksesories di Lidah

Melakukan tindik badan membawa risiko infeksi bagi tubuh. Namun, menurut Canadian Dental Association, risiko infeksi yang disebabkan tindikan di lidah jauh lebih tinggi. Selain itu, aksesories logam yang digunakan juga dapat merusak gigi serta gusi. Bahkan, prosedur menindik lidah itu sendiri bisa merusak saraf yang dapat membuat lidah kehilangan kepekaannya lho.

Berkumur dengan Air Garam

Untuk menjaga kesehatan lidah, Kamu bisa berkumur dengan air garam. Untuk melakukan cara ini, isi gelas setengah penuh dengan air hangat dan masukkan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Lalu, gunakan cairan tersebut untuk berkumur. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di British Dental Journal, bilasan air garam memiliki manfaat untuk meningkatkan pH di mulut sehingga mampu menghalangi pertumbuhan bakteri. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Hindari Infeksi, Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan Lidah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top