• Minggu, 26 September 2021

KPK Akui Punya Data Aliran Dana TPPU Wawan ke Rano Karno

- Jumat, 6 Januari 2017 | 22:53 WIB
Juru Bicara KPK Febri Diansyah.*
Juru Bicara KPK Febri Diansyah.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) mengakui sudah memiliki data, informasi, dan bukti baru para pihak yang diduga menerima aliran uang dan aset tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari tersangka Komisaris Utama PT Bali Pasific Pragama (BPP) Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pada Kamis (5/1/2017) kemarin penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap lima saksi untuk TPPU Wawan. Mereka adalah Direktur PT Unggul Indah Cahaya Lioe Seng Tjin, Epi Surya (swasta), Siti HalimahaliasIim (eks Sekretaris mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah), Untung (notaris), serta Direktur PT Buana Wardana Utama sekaligus Bendahara PT BPP Cabang Serang Yayah Rodiah.

Dari lima saksi tersebut, ada satu yang tidak hadir. Febri mengungkapkan, penanganan kasus dugaan TPPU Wawan sudah berlangsung sekitar tiga tahun.

Selama kurun waktu tersebut, penyidik memperoleh informasi-informasi, data-data, dan bukti-bukti baru yang cukup signifikan, terutama terkait para penerima aliran uang dan aset Wawan.

"Ada fakta-fakta dan aliran dana dari TCW. Akan ditelusuri lebih lanjut siapa saja yang menerima dana tersebut," kata Febri saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.

Ia membenarkan, ada sejumlah aset dan uang yang disita penyidik secara langsung serta yang dikembalikan sejumlah penerima ke KPK.

Dari sekian banyak pihak yang diduga sebagai penerima aliran TPPU Wawan, kata Febri, tercantum nama Rano Karno selaku Wakil Bupati Tangerang dan Wakil Gubernur Banten saat itu dalam putusan kasus suap sidang sengketa Pilkada Lebak 2013 dan Pilgub Banten 2011 dengan terpidana Wawan.

Bahkan, lanjut Febri, ada bukti dan data yang sudah diterima penyidik terkait penerimaan tersebut. Belum lagi ditambah surat tertanggal 5 Oktober 2015 dan surat tertanggal 25 Oktober 2016 dari Wawan.

"Kalau dilihat surat tersebut, capnya sudah diterima KPK. Ada banyak nama yang muncul termasuk dalam TPPU TCW. Siapa pun nama itu akan kita proses dan kita ungkap sepanjang ada syarat bukti yang cukup," terangnya.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X