• Minggu, 19 September 2021

Selundupkan 6 kg Sabu di Selangkangan, 7 Orang Kurir Diringkus Petugas Bandara Soetta

- Kamis, 30 Maret 2017 | 09:05 WIB
7 orang kurir sabu yang ditangkap petugas Bandara Soetta, Rabu (29/3/2017)
7 orang kurir sabu yang ditangkap petugas Bandara Soetta, Rabu (29/3/2017)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak tujuh orang jaringan kurir narkoba dengan modus menyelundupkan sabu di selangkangan, diringkus jajaran Polres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Tersangka ditangkap di Terminal 1 C Domestik, Bandara Soetta pada akhir bulan lalu.

Para pelaku yang diamankan di antaranya RR (25), TS (35), AB (27), FR (22), DS (26), DZ (26), dan seorang wanita yakni FB (26). Mereka berasal dari wilayah Bandung, Jawa Barat. 

"Modus yang dilakukan tersangka adalah dengan cara menyelundupkan sabu di selangkangannya," ujar Kasubag Humas Polres Bandara Soetta, Ipda Prayogo, di ruang kerjanya pada Rabu (29/3/2017).

Menurut Prayogo, modus ini sangat berbahaya, lantaran sulit terdeteksi oleh alat x-ray. "Sangat bahaya dan rentan lolos cara seperti ini. Tidak terdeteksi dan sempat lewat begitu saja," ucapnya.

Sabu itu dibungkus rapi dengan plastil warna putih. Kemudian dibalut dengan lakban. "Para pelaku sengaja tidak menggunakan baju yang terdapat logam, sehingga tidak berbunyi di alat Security Check Point," kata Wakapolres Bandara Soetta, AKBP Risnanto.

Ia menyebutkan, Polres Bandara mendapatkan laporan dari petugas Avsec yang mendapati tiga orang penumpang Citilink tujuan Jakarta-Batam membawa sabu. Lalu 4 rekan lainnya mencoba melarikan diri.

"Kami melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. Berhasil menangkap 7 tersangka dengan barang bukti 6 kg sabu," tutur Risnanto.

Menurut Risnanto para pelaku merupakan kurir narkoba. Mereka mendapatkan bayaran Rp. 15 juta sekali pengiriman.
Akibat perbuatannya itu, tersangka dijerat Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang - undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Ancaman hukumannya penjara seumur hidup. Paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun kurungan penjara," paparnya. [wrk]

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X