• Selasa, 7 Desember 2021

Termasuk Pungli, Parkir Liar Bebas Beraksi di Kantor Disdukcapil Kota Serang

- Senin, 3 April 2017 | 15:07 WIB
Kantor DInas Kependudukan dan Catatan SIpil Kota Serang, Senin (3/4/2017)
Kantor DInas Kependudukan dan Catatan SIpil Kota Serang, Senin (3/4/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Pungutan uang parkir kendaraan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang, keberadaannya mengganggu masyarakat yang hendak mengurus surat-surat di kantor tersebut.

Pungutan parkir tersebut berlangsung di lahan milik negara, yang seharusnya digratiskan karena sebagai bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat.

"Fasilitas negara kok dijadiin lahan usaha. Gimana kali," ucap Amelia Astari warga perumahan TMI saat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang. Kamis, (3/4/2017).

Disinyalir, petugas yang memungut retribusi di kantor tersebut adalah ilegal, dan mematok uang parkir sebesar Rp2 ribu per motor. Sedangkan petugas tersebut tidak memberikan karcis parkir, tidak mengenakan seragam dan tidak memiliki tanda pengenal dari Dinas terkait.

"Kalo begini terus kapan mau maju. Pemkot harusnya tegas, kalau lahan parkir mau dibikin usaha ya dibikin aja, tapi jangan didalem, apalagi ini ada di depan kantor pelayanan. Kan namanya kantor pemerintah itu khusus untuk melayani kebutuhan masyarakatnya bukan untuk usaha. Enggak jelas gitu," kata Amel yang juga mahasiswi disalah satu Universitas di Kota Serang.

Ia berharap, Pemerintah Kota Serang dapat segera mengevaluasi kinerja pada dinas-dinasnya terutama di Disdukcapil Kota Serang, karena parkir liar termasuk golongan pungli dalam bentuk premanisme.

"Cobalah Pemkot evaluasi. Terutama masalah pelayanan masyarakat. Kalo bisa sesekali Wali Kota sama Wakilnya sidak, biar masyarakatnya tidak kecewa," pungkasnya.

Menurut pantauan NEWSmedia, ada beberapa titik yang dijadikan tempat parkir, salah satunya di depan kantor Pelayanan Disdukcapil Kota Serang.[ifal]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X