• Jumat, 17 September 2021

Keluar Dari Tahanan, Andi Malarangeng Tetap Wajib Lapor

- Jumat, 21 April 2017 | 19:05 WIB
Andi Malarangeng hirup udara bebas.
Andi Malarangeng hirup udara bebas.

JAKARTA, [NEWSmedia] - Andi Mallarangeng, terpidana kasus korupsi proyek Hambalang, akhirnya bisa menghirup udara bebas. Mantan Menpora itu mendapatkan cuti menjelang bebas (CMB) sehingga sudah tidak menghuni selnya lagi.

"Hari ini, pukul 16.00 WIB, Andi Alfian Mallarangeng memperoleh CMB sebesar 3 bulan dengan ketentuan wajib lapor ke balai pemasyarakatan Klas I Bandung," ucap Kasubag Publikasi Humas Ditjen Pemasyarakatan Syarpani ketika dikonfirmasi, Jumat (21/4/2017).

Andi divonis hukuman pidana penjara selama 4 tahun oleh pengadilan tingkat pertama. Putusan itu dikuatkan di tingkat banding dan tingkat kasasi. Selain itu, Andi juga dihukum denda Rp 200 juta.

Di putusan kasasi, hakim agung Krisna Harahap mengatakan salah satu alasan penolakan kasasi Andi Mallarangeng adalah tanggung jawabnya sebagai pengguna anggaran yang masih tetap melekat padanya, kendati telah dilimpahkan dalam bentuk mandat kepada Wafid Muharam sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

"Oleh karena itu, penanggung jawab utama dalam perkara pembangunan proyek Hambalang yang menimbulkan kerugian keuangan negara hingga Rp 464 miliar tetap pada Andi Mallarangeng," ucap Krisna. [dtc]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X