• Selasa, 28 September 2021

Besok, Ribuan Mahasiswa Banten Gelar Deklarasi Bubarkan HTI

- Senin, 1 Mei 2017 | 16:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SERANG, [NEWSmedia] - Ribuan mahasiswa dan pemuda se-Provinsi Banten rencananya besok, akan menggelar deklarasi menolak konsep Khilafah Islamiyah dan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). 

Sebelumnya diberitakan, lebih dari 3500 mahasiswa di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), mendeklarasikan diri membentuk negara Islam di Indonesia, hal tersebut menuai kecaman dari sejumlah kalangan.

"Besok kita akan deklarasi di Stadion dan penandatanganan petisi, meminta kepada pemerintah agar HTI dibubarkan di Banten sampai Pusat," ujar koordinator deklarasi, Kosasih saat ditemui, Senin, (1/5/2017).

Menurutnya, konsep khilafah islamiyah tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia, karena jadi islam tidak perlu menjadi Arab, hindu tidak perlu jadi India, kristen tidak perlu jadi orang Vatikan, yahudi tidak perlu jadi orang Israel.

"Berjalan sesuai koridornya saja, tetaplah jadi Indonesia yang kaya akan budaya dan keberagaman agamanya," katanya.

Rencananya, hasil penandatanganan petisi dari sekitar 50 organisasi mahasiswa dan kepemudaan yang tergabung dalam deklarasi bubarkan HTI, akan menyerahkan petisi tersebut dan diserahkan pada Muspida untuk menjadi referensi bahwa organisasi tersebut dilarang.

"Penandatanganan petisi besok akan kita serahkan hasilnya ke Muspida, sebagai referensi bahwa kami menolak HTI yang jelas-jelas menolak Pancasila dan UUD 1945," kata mahasiswa lainnya, Hayubi, Ketua II PMII Kota Serang.

Mahasiswa menilai, siapapun yang tidak senafas dengan ideologi bangsa maka itu adalah bentuk makar untuk memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. [Vredo]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X