• Rabu, 26 Januari 2022

Selain HTI, Polri Sebut Masih ada Ormas Lain yang Anti Pancasila

- Kamis, 20 Juli 2017 | 20:59 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

JAKARTA, [NEWSmedia] - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyebutkan bahwa selain Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang telah dibubarkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM, masih ada 2 atau 3 lagi ormas yang berkaitan dengan anti Pancasila.

Hal tersebut diutarakan oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/7/2017).

"Ada sekitar 2 atau 3 lagi ormas (yang dinilai anti-Pancasila dan sudah dilaporkan)," katanya.

Namun Martinus tidak menyebutkan ormas yang dimaksud. Dia hanya memastikan pihak terkait selalu berkoordinasi. "(Nama ormas-nya) itu rahasia. Nanti keputusannya di pemerintah," ujar Martinus.

Pembubaran ormas HTI berpayung hukum Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan, yang baru diterbitkan pemerintah. Perppu itu diteken oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 10 Juli 2017.

Perppu Ormas mengatur tiga sanksi administratif terhadap ormas anti-Pancasila, yakni peringatan tertulis, penghentian kegiatan, dan pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Pada Pasal 80A Perppu Ormas disebutkan pencabutan status badan hukum ormas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat 1 huruf c dan ayat 3 huruf b sekaligus dinyatakan bubar. [Detik]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X