• Minggu, 26 September 2021

Situs Tokopedia Diretas Hacker, Ini 6 Faktanya

- Senin, 4 Mei 2020 | 13:17 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Belakangan ini Tokopedia menjadi perbincangan hangat publik. Pasalnya situs belanja online tersebut tengah dilanda isu tak sedap terkait peretasan data pengguna. Adanya kejadian ini, Tokopedia pun mengakui bahwa situs mereka telah mengalami peretasan oleh pihak tak dikenal.

Karena hal tersebut, diperkirakan 91 juta akun dan 7 juta akun merchant bocor. Meski pihak Tokopedia mengklaim informasi penting pengguna tetap terlindungi, nyatanya hacker masih kedapatan menjual data kredensial dan login pengguna seharga USD 5.000 atau sekitar Rp 74 jutaan di dark web.

Informasi yang bocor adalah nama pengguna, alamat email, tanggal lahir dan nomor telepon. Namun menanggapi kasus ini, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran.

"Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," kata Nuraini melalui pesan singkat.

Sebelumnya, Nuraini telah mengakui adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia. Berikut beberapa fakta Tokopedia yang diretas hacker:

1. Hacker Pertama Kali Publikasikan Hasil Retasannya 2 Mei 2020
Tokopedia yang merupakan salah satu e-commerce populer ini tengah mengalami peretasan oleh pihak tak dikenal. Keresahan dan kekhawatiran pun juga dirasakan masyarakat, mengingat situs tersebut menyimpan data pribadi sang pemilik.

Walaupun Tokopedia mengklaim bahwa informasi penting pengguna seperti password, tetap terlindungi. Namun, siapakah identitas pelaku peretasan (hacker) yang membobol dan mencuri data pengguna Tokopedia tersebut?

Pakar keamanan siber, Pratama Persadha, menjelaskan hacker yang meretas situs Tokopedia itu pertama kali mempublikasikan hasil peretasannya via situs di dark web bernama Raid Forums pada Sabtu (2/5/2020). Diketahui, di dalam forum komunitas hacker tersebut hasil curian data pengguna Tokopedia tersebut dipublikasikan atau dijual menggunakan nama Whysodank.

2. Dibagikan Secara Gratis di Forum Dark Web
Setelah itu, hacker ShinyHunters memosting thread penjualan 91 juta akun Tokopedia di forum dark web bernama EmpireMarket. Dari sinilah akun @underthebreach mempublikasikan peretasan Tokopedia ke publik Twitter.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X