• Selasa, 28 September 2021

Intip Cara Imigrasi Tangerang Layani Pembuatan Paspor di Tengah Pandemi

- Senin, 6 Juli 2020 | 15:58 WIB
Foto Ilustrasi.*
Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Siasati pembuatan paspor di tengah Pandemi Covid-19, petugas di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, lakukan layanan menjemput pemohon passport hingga ke kawasan perumahan.

Layanan Eazy Passport ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan paspor. "Eazy Passpor ini, layanan pengurusan paspor kolektif yang menjangkau perkantoran, instansi pemerintah, komplek perumahan dan seluruh lapisan masyarakat," terang Sengky melalui pesan singkat.

Nantinya, petugas akan mendatangi pemohon untuk melakukan foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan.

Menurut Sengky, layanan tersebut untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin membuat paspor, namun, masih khawatir untuk datang ke Kantor Imigrasi di tengah pandemi Covid-19.

"Yang mana dalam pelaksanaannya nanti baik petugas maupun pemohon harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah," kata Sengky.

Teknisnya, tahap awal, pemohon harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Kantor Imigrasi Tangerang pun, akan memberikan kuota maksimal sebanyak 40 permohonan.

Program Eazy Passport melayani pembuatan permohonan paspor dengan jenis permohonan paspor baru dan juga penggantian. "Sedangkan untuk jenis permohonan paspor hilang dan rusak tetap harus dilakukan di Kantor Imigrasi setempat," kata Sengky.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Arvin Gumilang mengatakan pelayanan paspor masa kenormalan baru akan dimulai pada 15 Juni 2020. Hal ini berlaku di seluruh kantor Imigrasi.

"Permohonan yang akan dilayani permohonan paspor baru, penggantian paspor karena habis masa berlaku, paspor karena rusak, paspor karena hilang, dan penggantian paspor perubahan data," kata Arvin lewat pesan tertulis, kepada Liputan6.com, Jumat (12/6/2020).

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X