• Kamis, 28 Oktober 2021

4 Negara Ini Dituding Jadi Tempat Asal-usul COVID-19, China Tak Termasuk

- Kamis, 3 Desember 2020 | 11:08 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pandemi COVID-19 telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Hingga kini masih belum terpecahkan dari mana asal usul virus Corona.
Belakangan, banyak klaim yang mengatakan bahwa COVID-19 menyebar pertama kali bukan di Wuhan, China, seperti yang diketahui sejak awal pandemi. Dugaan ini pun direspons oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Saya pikir sangat spekulatif bagi kami untuk mengatakan bahwa penyakit itu tidak muncul di China," kata Mike Ryan pada briefing virtual di Jenewa setelah ditanya apakah COVID-19 bisa pertama kali muncul di luar China, dikutip dari Reuters.

"Jelas dari perspektif kesehatan masyarakat bahwa Anda memulai penyelidikan di mana kasus manusia pertama kali muncul," tambahnya, mengatakan bahwa bukti kemudian dapat mengarah ke tempat lain.

Beberapa negara sempat disebut-sebut sebagai tempat munculnya atau asal dari virus mematikan tersebut. Di antaranya sebagai berikut.

1. Spanyol
Virus Corona juga sempat disebut berasal dari Spanyol. Ini dibuktikan dengan adanya temuan jejak virus Corona di air limbah Spanyol.

Dr Tom Jefferson, dari Centre of Evidence-Based Medicine (CEBM) di Oxford University, telah menunjuk serangkaian penemuan tentang keberadaan virus Corona di seluruh dunia sebelum muncul di Asia.

Dikutip dari The Guardian, ini menjadi bukti soal asal usul pandemi virus Corona. Jejaknya sudah ditemukan dalam sampel limbah dari Spanyol, Italia, dan Brasil, bahkan sebelum ditemukan di China.

Sebuah studi pracetak yang belum peer-reviewed juga mengklaim telah menemukan keberadaan genom SARS-CoV-2 dalam sampel limbah Barcelona dari 12 Maret 2019.

"Ada cukup banyak bukti virus Corona dalam jumlah besar di air limbah di semua tempat, dan semakin banyak bukti ada penularan lewat tinja," lanjut Jefferson.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X