Kamis, 17 Juni 2021 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Janji WH-Andika Soal Program Multiguna Menyebar ke Pelosok Desa

Senin, 23 Jan 2017 | 11:36 WIB Dibaca: 1475 Pengunjung

Kampanye tatap muka calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Serang, Minggu (22/1/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Janji pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) yang akan mewujudkan program kesehatan gratis hanya dengan kartu tanda penduduk (KTP), ternyata sudah diketahui sampai ke pelosok desa.

Di Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, warga mempertanyakan program multiguna yang dijanjikan itu. Mereka mengaku program tersebut sangat dibutuhkan masyarakat

Tokoh masyarakat Lebakwangi, Jamhuri mengatakan, saat ini warga kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan murah dan mudah.

"Kami mengapresiasi program multiguna yang dijanjikan oleh Pak Wahidin dan Pak Andika. Kami yakin, janji tersebut mampu direalisasikan seperti ketika Pak Wahidin menjadi walikota Tangerang," kata Jamhuri ketika menyambut kedatangan Cawagub Andika Hazrumy, Minggu (22/1/2017).

Diketahui, program multiguna yang dijanjikan WH-Andika jika diberi amanah memimpin Banten, yakni pendidikan gratis hingga pendidikan SMA. Terutama untuk warga yang tidak mampu secara ekonomi.

"Pak Wahidin berpengalaman di pemerintahan. Pak Andika merupakan sosok muda yang enerjik, cerdas, dan visioner. Kita melihat langsung penampilan Pak Andika ketika debat kandidat, sangat cerdas. WH-Andika merupakan pasangan yang ideal untuk mempimpin Banten," ucap Jamhuri.

Di Kecamatan Lebakwangi, Andika berkampanye dan disambut antusias warga. Selain itu, saat melihat para pesilat cilik menyambut, Andika tidak segan ikut bermain silat dan memperagakan beberapa jurus.

Menanggapi apresiasi warga tentang program multiguna, Andika menjelaskan bahwa semua program yang akan dilaksanakan dirinya bersama WH, sudah dilakukan kajian. Program multiguna yang merupakan bantuan kesehatan dan pendidikan gratis, kata dia, tidak hanya sekadar janji.

"Dulu ketika Pak WH menjadi wali kota, ada program multiguna untuk warga Kota Tangerang. Nanti ketika saya dan Pak WH memimpin Banten, akan diterapkan di seluruh Banten. Program multiguna bukan sekadar kesehatan, tapi juga pendidikan, yang tidak mampu harus digratiskan," ujar Andika.

Ia mengungkapkan, pelayanan kesehatan gratis dengan modal KTP domisili Banten belakangan diragukan oleh lawan politiknya. Namun putra mantan gubernur Ratu Atut Chosiyah ini meyakinkan bahwa sesuai kajian yang dilakukan, program tersebut mampu direalisasikan.

"Setiap hari tidak semua warga Banten mengalami sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan. Ada rasio antara warga yang sakit dan kebutuhan anggaran untuk pelayanan kesehatan," ujarnya.

Tak hanya itu, WH-Andika juga mencanangkan program revitalisasi pesantren sebagai pusat kajian ilmu pengetahuan. Menurut Andika, pesantren merupakan tempat pas untuk menjadi pusat kajian ilmu agama dan umum.

Sementara untuk pesantren salafiah perlu dikembangkan tanpa menghilangkan jati diri sebagai tempat pendidikan 'Kitab Kuning'.

"Pesantren merupakan sarana pendidikan yang berbasis agama dan mengajarkan moral," tuturnya.

Ia menegaskan, ke depan pendidikan agama di tengah masyarakat juga harus diperkuat. Oleh karena itu, insentif guru ngaji harus diberikan maksimal.

"Setiap guru ngaji di Banten harus dipastikan mendapatkan insentif dari pemerintah. Bukan dari besar kecilnya insentif, tetapi sebagai bentuk apresiasi atas peran guru ngaji memberikan pendidikan agama dan Alquran kepada generasi masa depan Banten," ujarnya.

Selain ke Lebakwangi, kemarin Andika juga bertatap muka dengan warga di Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Di sana, politisi muda Partai Golkar ini mengunjungi Saung Kreatif yang dikelola pemuda di Kelurahan Pipitan. [uis/nr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Janji WH-Andika Soal Program Multiguna Menyebar ke Pelosok Desa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top