Selasa, 22 Juni 2021 |
News Room

Jelang Liburan Panjang, Pelabuhan Penyeberangan Merak Dipadati Penumpang

Jumat, 14 Apr 2017 | 10:15 WIB Dibaca: 973 Pengunjung

Penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak, Banten, yang hendak menyebrang ke pulau Sumatera.

CILEGON, [NEWSmedia] - Bersamaan dengan masa liburan panjang akhir pekan ini, pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni mengalami peningkatan jumlah penumpang, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan yang hendak menyeberang ke Sumatera.

Lonjakan jumlah penumpang yang dimulai sejak Kamis malam kemarin, diprediksi mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan hari biasa.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera, pihaknya akan menambah loket penjualan tiket.

"Kita persiapan ada tambahan loket penjualan tiket baik di loket kendaraan roda empat atau roda dua. Selain itu, kita juga mendirikan tenda untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang," ujar Mario di Cilegon, Kamis (12/4/2017).

Dia menyebutkan, lonjakan penumpang akan terjadi pada malam ini dan besok hari. Untuk penumpang roda dua atau motor di hari biasa sebanyak 300-an, kendaraan roda empat atau lebih 1.500-an, dan penumpang pejalan kaki sebanyak 3.500.

Meskipun diprediksi mengalami peningkatan jumlah penumpang, pihaknya masih tetap mengoperasikan sebanyak 27 kapal roll on roll off (roro). "Kapal yang beroperasi belum ditambah," kata Mario.

Sementara itu, berdasarkan data jumlah kendaraan yang melalui tol Tangerang-Merak di hari biasa mencapai 12 ribu, sedangkan malam ini mencapai 16 ribu kendaraan dari arah Jakarta.

"Gerbang Tol Cikupa yang menuju arah Merak saat ini sudah ditambahkan dengan penambahan tiga lajur transaksi entrance Gardu Tol Otomatis, sehingga  jumlah total ada delapan gardu yang dioperasikan," ujar Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Teknik & Operasi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak. [snd]

Penulis: Snd
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Jelang Liburan Panjang, Pelabuhan Penyeberangan Merak Dipadati Penumpang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top