Minggu, 17 November 2019 |
News Gallery - Newstainment

Joko Anwar Sesalkan Kinerja Buruk KPI

Selasa, 17 Sept 2019 | 14:36 WIB Dibaca: 285 Pengunjung

Joko Anwar.*

[NEWSmedia] - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sedang menjadi sorotan publik karena memberikan teguran kepada 14 Program Televisi yang ada termasuk film kartun Spongebob Squarepants. Lewat akun Twitternya, Joko Anwar bahkan memberikan tagar #BubarkanKPI sehingga menjadi semakin ramai.

Film Gundala bahkan terkena semprot karena dalam salah satu promonya menyebutkan kata 'bangsat' di dalamnya. Namun Joko menegaskan bahwa tindakan menuliskan #BubarkanKPI bukan semata karena filmnya diusik.

"Oh saya sih bukan mempermasalahkan promo Gundala yang kena sanksi KPI ya. Tapi ada program-program kayak Spongebob gitu kena sanksi. Menurut saya kalau sampai ada satu lembaga yang bisa memberi statement bahwa tayangan seperti Spongebob itu adalah tayangan yang melanggar norma-norma itu menurut saya lembaga tersebut tidak usah dipercaya ketika mereka menilai apa pun di dunia ini karena sudah enggak make sense," urainya.

Bagi Joko Anwar, KPI sebagai lembaga pengawas penyiaran harus bersikap lebih adil dalam menilai konten-konten yang beredar di televisi Indonesia. Film kartun Spongebob Squarepants secara mengejutkan terkena teguran meski kontennya selama ini adalah tontonan yang baik bagi anak-anak.

Dengan adanya pelarangan dalam berbagai tayangan, Joko Anwar menilai bahwa pemerintah sudah gagal dalam memberdayakan masyarakatnya. Masyarakat yang baik justru akan melakukan filter sendiri apa yang baik dan tidak baik untuk ditonton.

"Karena kalau masih ada lembaga yang mengatakan ini boleh ditonton, ini enggak boleh ditonton, berarti masyarakat Indonesia masih dianggap sebagai masyarakat yang bodoh karena tidak bisa menilai apa yang patut untuk mereka tonton atau oleh keluarga atau anak mereka," tegas Joko Anwar. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Joko Anwar Sesalkan Kinerja Buruk KPI
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top