Selasa, 15 Juni 2021 |
News Room - Peristiwa - Pemerintahan

Kabupaten Serang Darurat PHK, Ribuan Buruh Serbu Kantor Bupati

Selasa, 08 Agt 2017 | 15:33 WIB Dibaca: 1190 Pengunjung

Ribuan buruh dari berbagai aliansi dan federasi se-Kabupaten Serang demo di depan Kantor Bupati Serang, Selasa (8/8/2017)

SERANG, [NEWSmedia] - Menyikapi maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan di Kabupaten Serang, ribuan buruh dari berbagai Aliansi dan federasi menyerbu kantor Bupati Serang, Selasa (8/8/2017).

Wakil Ketua KSPSI Kabupaten Serang, Heri Susanto menyebutkan, hal ini dilakukan kaum buruh dikarenakan kondisi ketenagakerjaan di Kabupaten Serang saat ini sangat carut marut.

"Salah satunya darurat phk, phk ini tidak ada penetapan bahkan sepihak dan tidak memenuhi peraturan yang berlaku," ujarnya.

Ia menjelaskan, di sisi lain, pihaknya juga direpotkan dengan pengalihan fungsi pengawasan dari Kabupaten Serang ke Provinsi Banten.

"Ada beberapa kasus yang tidak terselesaikan ketika melapor ke pengawas, karena sekarang pengawasan di Provinsi, sementara jumlah yang harus diawasi sangat banyak," jelasnya.

Selain kedua hal tersebut, Ia juga menyebutkan terkait dengan isu yang terjadi di daerah lain di Indonesia, seperti di Jawa Barat, Purwakarta, Bogor, Bekasi dan Depok yang memberlakukan upah padat karya, sebab menurutnya, upah padat karya itu tidak sesuai dengan perundang-undangan.

"Karena pengusaha yang membayar upah dibawah minimum, akan dikenakan pidana, makanya aliansi menyikapi, kami dari aliansi ingin agar Pemkab melalui Bupati segera merespon, memberikan perhatian lebih dan memberikan rekomendasi kepada kami untuk menolak adanya hal itu, terutama di Kabupaten Serang," ungkapnya.

Ia juga berharap, dengan diadakannya aksi tersebut, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah bisa lebih peduli kepada buruh.

"Bupati lebih peduli terhadap isu yang terjadi terkait masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Serang, agar lebih baik dan memperhatikan buruh," pungkasnya. [Ahi]

Penulis: Ahi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Kabupaten Serang Darurat PHK, Ribuan Buruh Serbu Kantor Bupati
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top