• Minggu, 2 Oktober 2022

Hukum Bermain Higss Domino di Bulan Ramadhan Apakah Membatalkan Puasa, Simak Nih Penjelasan Buya Yahya

- Rabu, 13 April 2022 | 01:21 WIB
Bagaimana Hukum bermain higgs domino di bulan Ramadhan, apakah membatalkan puasa. Ini jawaban Buya Yahya.  (Foto: Tangkap Layar Ideki Chanel)
Bagaimana Hukum bermain higgs domino di bulan Ramadhan, apakah membatalkan puasa. Ini jawaban Buya Yahya. (Foto: Tangkap Layar Ideki Chanel)

NEWSmedia – Permainan game Higgs Domino, biasanya dilakukan untuk mengisi waktu luang. Belakangan Higgs Domino banyak digandrungi.

Bahkan sebagian gamer menjadikan permainan ini dimanfaatkan untuk menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit. Saking asyiknya, hingga tak terasa datangnya Maghrib.

Bagaimana hukumnya bermain Higgs Domino di Bulan Ramadhan, apakah akan membatalkan puasa? Seperti apa hukumnya? Mari simak penjelasan Buya Yahya, yang lugas dan tegas ini.

Baca Juga: Puan Maharani Dapat Standing Ovation saat UU TPKS Disahkan, Aktivis Teriak Puan untuk Perempuan Indonesia

Menurut Buya Yahya, bermain domino jika dilakukan tidak menggunakan uang, maka akan terbebas dari dosa judi. Sebaliknya, jika dimainkan menggunakan uang pastinya haram, dan berdosa karena bermain judi.

Selanjutnya, permainan domino harus dilihat dimana tempat orang yang memainkan domino itu sendiri.

“Sebagian orang domino menjadi permaina biasa, tidak harus ada judi. Seperti halnya bermain catur,” kata Buya Yahya.

Tetapi, kata Buya Yahya, sebagian tempat jika bermain domino pasti berjudi. “Maka jika dilingkungan tempat orang bermain judi, maka anda membersarkan syiarnya berjudi. Biarpun tidak judi saat itu, Anda berdosa,” kata Buya Yahya lagi.

Baca Juga: Ini Penampakan Kepala Kemenag Kabupaten Tangerang Ade Baijuri Bagi bagi Takjil Ramadhan di Jalanan

Namun, jika domino dimainkan di tempat-tempat yang biasa dimainkan seperti main catur, maka hukumnya mubah (boleh). “Tapi jika mengarah pada melalaikan, maka akan menjadi haram. Kalau misalnya menjadikan kita meninggalkan shalat,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini