Selasa, 26 Maret 2019 |
News Room - Pariwisata

Kang Nong Kota Serang Boten Bangkit Babasan, Payah Geh!

Rabu, 13 Mar 2019 | 21:44 WIB Dibaca: 225 Pengunjung

Perwakilan Finalis Kang dan Nong Kota Serang 2019 saat bertemu Wali Kota Serang Syafrudin, Rabu (13/3/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemilihan Kang dan Nong Kota Serang 2019 sudah masuk tahap akhir. Dari 90 peserta yang daftar menjadi peserta, kini tersisa 20 orang menjadi finalis.

Sebelum berlaga di malam penganugerahan 15 Maret mendatang, 20 orang Finalis Kang dan Nong Kota Serang 2019 tersebut dibawa ke Pusat Pemerintahan Kota Serang sebagai agenda kunjungan. Para calon duta pariwisata itu bertemu dan diperkenalkan kepada Wali Kota Serang Syafrudin.

Dengan menggunakan bahasa Jawa Serang atau Babasan, Syafrudin meminta dengan tegas para finalis Kang dan Nong Kota Serang untuk menguasai bahasa Babasan.

"Kule menta finalis Kang Nong Kota Serang, sing bangkit basa Jawa Babasan," ucap Syafrudin, dengan bahasan Babasan yang khas.

"Nanti kalau ditanya pakai Babasan, kalau Kang Nong nggak bisa, kan malu jadinya,” lanjutnya.

Permintaan itu disampaikan Syafrudin karena dari 20 finalis yang berkunjung, hanya 1 orang yang bisa berbicara bahasa Babasan. Itu diketahui saat para finalis ditanya menggunakan Babasan oleh Wali Kota Serang.

“Bahasa daerah (Bahasan Jawa Serang) menjadi modal awal menjadi pemenang dan ke tingkat provinsi,” katanya.

Sementara itu, Hindra Pradana selaku perwakilan dari Paguyuban Kang Nong mengatakan, setiap peserta 60 persen bisa bahasa Babasan tetapi tidak lancar.

“Finalis Kang Nong Kota Serang 2019 sebenarnya bisa menggunakan bahasa Jawa Serang atau Babasan, tapi hanya sampai perkenalan. Untuk percakapan sehari-hari belum semua bisa,” kata Hindra ditemui usai bertemu wali kota.

Jadi, Kang dan Kota Serang yang tugas utamanya memajukan pariwisata Kota Serang, tentu harus mengerti dan memahami budaya daerah (termasuk bahasa).

Hal lain yang juga harus dikuasai yaitu tentang kepariwisataan serta potensi ekonomi, termasuk potensi di Kota Serang. [adi]

Penulis: Muhammad Adi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Aturan Tarif Ojek Online Diumumkan Hari Ini
Senin, 25 Mar 2019 | 16:52 WIB
Aturan Tarif Ojek Online Diumumkan Hari Ini
Jokowi: Banten Kumaha Damang?
Minggu, 24 Mar 2019 | 18:05 WIB
Jokowi: Banten Kumaha Damang?

KOMENTAR

Kang Nong Kota Serang Boten Bangkit Babasan, Payah Geh!
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top