Senin, 06 Juli 2020 |
News Room

Keputusan Pembatalan Haji Dinilai Tepat, Anggota DPR: Pemerintah Telah Menjaga Jiwa

Rabu, 03 Jun 2020 | 16:06 WIB Dibaca: 2851 Pengunjung

Mekah.*

[NEWSmedia] - Anggota Komisi VIII DPR, Iip Miftahul Choiry menilai keputusan Menteri Agama Fachrul Razi yang membatalkan penyelenggaraan haji Indonesia tahun ini merupakan keputusan yang tepat.

Iip memaklumi Keputusan Menteri Agama Fachrul Razi yang membatalkan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 atau 1441 Hijriah.

“Sangat sangat rasional. Tepat, keputusan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama telah menjadikan hifhz an-nafs, yaitu menjaga jiwa, menjaga keselamatan masyarakat dari ancaman virus Corona (Covid-19),” kata Iip Miftahul Choiry.

Oleh karena itu, anggota DPR muda dari Fraksi PPP ini meminta masyarakat, khususnya calon jemaah haji untuk memahami dan menerima keputusan tersebut.

“Kita yakin di balik peristiwa ini, Allah mempunyai rencana terindah buat hidup kita,” tuturnya.

Iip hanya menyayangkan Menteri Agama, Fachrul Razi tidak berkoordinasi terlebih dahulu dengan Komisi VIII DPR yang merupakan mitra pemerintah dalam urusan haji.

“Sebenarnya kami di Komisi VIII juga memahami dan tidak akan mempersoalkan jika penyelenggaraan ibadah haji tahun ini ditunda karena kondisi pandemi. Tetapi sebaiknya diskusi dulu dengan kami, supaya pemerintah dan DPR bisa satu suara memberikan penjelasan kepada masyarakat. Dan juga tidak akan jadi kegaduhan di masyarakat, yang lagi-lagi sorotannya kepada Kementerian Agama. Bisa jadi isu liar juga,” katanya.

“Di daerah Kementerian Agama jadi bahan pembicaraan lagi. Jadi sorotan (negatif) lagi,” tambahnya.

Iip sepakat pemerintah agar menjamin kesehatan, keselamatan dan keamanan jemaah haji baik di embarkasi maupun debarkasi, di perjalanan hingga di Arab Saudi.

Terlebih lagi, Arab Saudi kini mencatatkan 87.142 kasus positif virus corona dengan kasus kematian sebanyak 525. Angka ini diperoleh berdasarkan data di situs Johns Hopkins University and Medicine per Senin, 1 Mei 2020. [rls]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Keputusan Pembatalan Haji Dinilai Tepat, Anggota DPR: Pemerintah Telah Menjaga Jiwa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top